Skip to main content

Tentang Memberi Arti

Pernahkah kamu membayangkan ada miliaran orang di luar sana. Yang paling menakjubkan adalah setiap orang sedang menjalani cerita mereka masing-masing di lintasannya masing-masing. Artinya ada miliaran lintasan, ada miliaran cerita. Sekalipun kadang ada lintasan yang bersinggungan, tetap saja lintasan itu unik bagi tiap orang, seperti DNA.

Setiap orang memiliki kebahagiaan, permasalahan, dan perjuangannya sendiri. Dari Paus Fransiskus, Donald Trump, Presiden Jokowi, Fadli Zon, Gubernur Jakarta, Liam Neeson, Ketua BEM UI, Butet Manurung, Ayu Utami, bapakmu, ibumu, adikmu, sahabatmu, atasanmu di kantor, dosen favoritmu, kenalan lamamu, mantan kekasihmu, kekasihmu, abang gojek yang kamu tumpangi hari ini, pengemis penyandang disabilitas yang kamu lihat hari ini, abang bakso yang suara mangkok lirihnya kamu dengar dari kejauhan, supir taksi yang mengeluh padamu tentang penumpang yang makin sepi, bayi yang ditinggalkan oleh orang tuanya, dan masih banyak lagi. Bayangkan setiap orang, mulai dari yang kamu kenal dengan sangat baik sampai hanya sekilas kamu tahu, atau bahkan yang belum pernah dan tidak akan pernah kamu tahu, mereka memiliki kisah dan perjuangannya sendiri.

Lalu akan muncul banyak pertanyaan di kepalamu. Mau jadi apa kamu di tengah miliaran orang lain. Tentang apa yang sesungguhnya kamu inginkan, tentang apa yang benar-benar berarti dalam hidupmu, tentang apa yang benar-benar sedang dan akan terus kamu perjuangkan, tentang apa yang akan kamu pelajari, termasuk tentang yang sudah berlalu dan segala kesalahan sekaligus pencapaian yang sudah kamu buat. Tentang seberapa berartinya hidupmu bagi orang lain yang ada di sekitarmu. Tentang dampak yang tercipta karena keberadaanmu. Tentang memberi arti pada hidupmu yang konon katanya sangat singkat.


Comments