Skip to main content

Jadi?

Perjalanan naik gunung, camping, dan sejenisnya membuat saya sadar akan hal-hal yang begitu saya cintai. Menyadarkan kembali hal-hal apa saja yang membuat saya bahagia dan tenteram dari dalam.

Semua berjalan dengan lambat, tidak ada target waktu selain matahari terbit dan tenggelam. Seperti masuk ke suatu semesta lain yang di dalamnya kamu tidak terikat apapun. Menghirup udara sebebas-bebasnya. Lepas dari kebisingan dan kesibukan. Seperti melayang. Seperti terbang. Berharmonisasi dengan simfoni alam. Damai sekali.

Kembali ke alam mengingatkanmu untuk kembali ke dasar. Menyadarkan kembali bahwa yang sesungguhnya kamu butuhkan tidaklah banyak. Berhentilah menciptakan kerumitan yang tidak perlu. Mempersiapkan diri sebaik mungkin, karena alam penuh dengan kejutan. Memilah-milah mana yang sungguh perlu dan tidak untuk dibawa, agar beban yang kamu bawa adalah sungguh yang benar-benar akan membantu perjalananmu, bukan kelak akan menyulitkan dirimu sendiri, terlebih lagi orang lain.

Demikian sisi terangnya.

Sisi yang lain yang cenderung gelap dan enggan untuk diamini adalah naik gunung seperti candu. Memberikan efek 'high' yang membawamu keluar dari realita sejenak. Lepas sebentar dari segala tanggung jawab. Kita tahu bahwa candu tidaklah baik. Segala yang berlebihan tidaklah baik. Satu hal yang paling penting, bahwa candu tidak membantumu menyelesaikan masalah.

Jadi?

Comments