Skip to main content

Biasa

Jati sedang membaca catatan hariannya yang tidak setiap hari ia tulis. Besok peringatan hari lahirnya yang kesekian. Dia ingin mengingat kembali ada cerita apa beberapa tahun ke belakang. Hmmm, tidak terlalu berbeda dengan orang kebanyakan. Ada pengalaman menyenangkan dan menyedihkan, menemukan dan kehilangan, memperjuangkan dan melepaskan, mempercayakan dan mempertanyakan, melakukan kesalahan dan memetik pelajaran.

Ada cerita dimana Jati mempertanyakan prinsip-prinsipnya, kehilangan kepercayaan dirinya, bahkan ketakutan setengah mati pada kesendirian dan kesunyian. Jati lupa bahwa sejatinya manusia memang sudah harus sendirian, bahkan sejak mulai tumbuh di rahim ibu sampai akhirnya ditanam ke perut bumi, dua tempat yang selalu sunyi.

Ada cerita dimana Jati dibuat tertekan dengan target-target ciptaannya sendiri. Terburu-buru sampai lupa bahwa bagian terpenting adalah menikmati apa yang berjalan bersama sang waktu. Mudah hilang sabar saat apa yang diekspektasikan tidak sesuai dengan harapan.

Tak terasa, ia sudah berada di lembar terakhir yang ditulisnya beberapa hari lalu.

Yang paling sering tidak diceritakan di catatan hariannya adalah hari yang biasa saja, tanpa kejutan dan keseruan. Hari dimana semua berjalan sesuai dengan yang direncakan. Tiba-tiba Jati sadar, bahwa hari yang demikian pun adalah hari yang istimewa tapi dengan caranya yang sederhana.

Puisi Soe Hok Gie sejenak terlintas di pikirannya, "akhirnya semua akan tiba pada suatu hari yang biasa, pada suatu ketika yang telah lama kita ketahui...".

Jati kemudian menutup catatan hariannya dan memejamkan mata, menikmati kesunyian dan kesendirian di sudut ruangan.

"Selamat ulang tahun. Tak perlu menjadi terlalu. Semoga dengan biasa saja kamu sudah menjadi sederhana yang istimewa," tulisnya singkat di halaman baru catatan hariannya.

Comments

  1. Tempat curhat ruroh di sini yak keren juga
    Stalking ah baca sampe abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada Menyun. Gak semua yang ditulis di sini fakta, Nyun. Haha.

      Delete

Post a Comment