Skip to main content

Tidak Ada Ulang Tahun Hari Ini

Sejak jauh-jauh hari, kamu sudah mengingatkan bahwa tidak perlu mengingat-ngingat ulang tahunmu, setidaknya untuk tahun ini. Jangankan untuk memberi ucapan dan merayakan, mengingatpun tidak disarankan.

Permintaan yang sederhana tapi tidak terlalu mudah untukku, terutama karena aku menganggap tidak ada salahnya membuat satu hari saja diantara 365 hari lainnya menjadi agak sedikit berbeda. Mensyukuri bahwa ternyata kita diberikan kesempatan telah melewati satu tahun ke belakang dengan segala yang ada di dalamnya, sukses, gagal, senang, sedih. Yaah walaupun tidak dapat dipungkiri, terkadang porsinya tidak seimbang. Tapi yang terpenting sudah dilalui bukan? Toh yang sudah berlalu tidak akan bisa diubah lagi, yang bisa kita lakukan adalah melakukan perubahan ke depan.

Keras kepala yang dibalut dengan kelembutan, demikianlah kita. Aku tahu bahwa kamu tidak akan berubah pikiran, tapi tetap saja, pagi di hari ulang tahunmu aku membawa kue cokelat favoritku. Semoga bisa kita nikmati bersama sekalipun tanpa ucapan ulang tahun dan tiup lilin.

Seperti yang sudah bisa diduga, tidak ada perayaan apapun, ucapan selamatpun tidak. Kue cokelat bahkan tidak jadi dikeluarkan sama sekali setelah perdebatan singkat. Kado terbaik yang bisa aku berikan di ulang tahunmu hari ini adalah memenuhi permintaanmu dan memahami bahwa apa yang aku anggap baik, belum tentu baik bagimu.

Tidak semudah itu untuk sampai pada proses penerimaan ini, terlebih bagiku yang keras kepala dan tidak sabaran. Satu lagi proses pembelajaran.

Ah, selamat tidak ulang tahun!

Comments