Skip to main content

Cerita dari Guntur

Gunung Guntur, 2249 MDPL

Semua akan ada waktunya, jika kita memang benar – benar mengusahakan. Termasuk pendakian Guntur kali ini, akhirnya terwujud setelah dua kali gagal. Untuk pertama kalinya saya mendaki ketika bulan Ramadhan, dengan harapan gunung akan lebih sepi dari biasanya. Tim perjalanan kali ini adalah empat orang teman dari KMK MIPA, Hanna sang pawang babi hutan, Adel si koki handal, Cici ahli bersih-bersih nesting, dan Andi si penyamun di sarang perawan.

Setiap perjalanan punya ceritanya sendiri, termasuk perjalanan kali ini. Keanehan perjalanan kali ini sudah dimulai dari awal. Turun di Pasar Rebo, kami langsung masuk ke bus tujuan Garut yang ternyata penuh dan tidak ber-AC, begitu mau keluar, malah dimarahi oleh kondektur. Akhirnya, kami tetap di dalam bus, duduk di bawah pakai jongkokan panjang. Saat sedang asik tidur, kondektur membangunkan kami, meminta untuk pindah ke bus lain. Sambil ngantuk, kami pindah bus. Begitu sampai di bus yang baru, ternyata sudah lumayan penuh, kami memperoleh kursi-kursi sisa. Banyak tukang asongan bolak-balik dan protes karena carrier yang kami bawa lumayan besar dan menghalangi jalan.

Yang paling menarik adalah pedagang jeruk yang begitu gigih menawarkan dagangannya. “Hayu atuh, Teh. Amis pisan ieu jerukna. Teu bohong abdi mah. Ngan sarebu sabiji. Biasana dua rebu. Kapahung, salah naek bus ieu mah. Lobana panumpang nu rek arulin, kemping.” Begitu terus, sepanjang jalan dari baris paling depan sampai baris paling belakang ke hampir setiap penumpang.

Ternyata saya rindu suasana ramai pedagang asongan seperti ini. Terakhir saya mengalami suasana seperti ini mungkin ketika kereta ekonomi keluar kota masih boleh banyak pedagang berlalu lalang. Di saat setiap malam saya tidur dengan nyaman di kamar, banyak pedagang, supir, dll. Yang sedang berjuang di jalan.

Busnya memang tidak nyaman, tidur mungkin jadi kurang, dan sampai tujuan jadi lebih lama, lalu? Tidak ada pilihan lain selain menikmati perjalanan ini. Liburan adalah untuk keluar dari rutinitas, mengalami sesuatu yang baru, dan tidak melulu tentang tujuan, tapi lebih tentang perjalanan. Here we go!

Hutan Tertutup di Awal Pnedakian
Dari catatan perjalanan yang kami baca, Gunung Guntur memiliki ketinggial 2249MDPL, tidak terlalu tinggi, tapi terkenal dengan jalurnya yang terjal, berpasir dan kerikil. Kecil-kecil cabe rawit, katanya. Ternyata pendapat itu terbukti. Lepas dari pos 3, pemandangannya memang sangat cantik dan terbuka, tapi jalurnya sangat terjal dan berkerikil. Benar – benar menguras tenaga dan kesabaran.

Kami mulai pendakian pukul 6 pagi, dan istirahat makan pukul 1 siang di bawah pohon cemara. Saat ingin mulai makan, tiba-tiba, tas selempang Hanna yang berisi uang, kamera, dll, jatuh bebas menggelinding cantik, jauuuuh ke bawah. Kami sempat bengong sejenak, sampai akhirnya Andi berlari mengejar tas itu. Saya, Hanna, Adel, dan Cici cuma bisa tersenyum miris, membayangkan Andi harus naik lagi lewat jalur kerikil yang terjal itu dengan jarak yang lumayan jauh. Mangat, Ndi!

Jalur yang harus dilalui selepas pos 3
Akhirnya, jam empat sore kami sampai di puncak bayangan, sebelum puncak satu. Langsung mendirikan tenda, ngemil, bermain 10 nyawa, sedikit sesi curhat, lalu memasak. Semua terasa baik-baik saja, sampai akhirnya, ada pendaki dari tenda seberang yang teriak, “Tenda gue disobek babi hutan! Makanan gue diambilin.” Malam kami yang tidak tenangpun dimulai.

“Babi hutan menggunakan indera penciuman. Jadi, kita harus packing makanan dengan rapi, masukkan dalam carrier, dan jangan sampai tercium dari luar tenda,” Hanna memberikan instruksi. Beruntung sekali  punya teman jalan orang biologi yang mengerti berbagai macam satwa.

Selain kami harus waspada terhadap babi hutan, kami juga harus waspada terhadap pencuri di Gunung Guntur. Berdasarkan catatan perjalanan pendaki yang pernah ke sini, telah terjadi beberapa kali pencurian. Bapak yang menjaga basecamp juga mengingatkan agar menjaga barang-barang berharga, masukkan semua dalam tenda. Alhasil, tenda kami sangaaaaat penuh, karena semua barang sekarang masuk ke dalam tenda. Carrier, sepatu, semua alat masak, makanan, dll, harus kami atur sedemikian rupa sehingga kami berlima dan semua barang bawaan bisa tidur bersama dengan nyenyak.

Naik gunung Edisi Ramadhan - Puncak 1 Guntur

“Babi, babi, babi! Ndi, ada babi!!!!” Cici, Hanna, dan Adel berteriak sambil berlari ke arah tenda. Mereka bertiga awalnya keluar tenda untuk buang air kecil. Saya agak ngeri membayangkan, saat sedang buang air kecil, tiba-tiba ada babi hutan di belakang. Andi langsung keluar membawa nesting dan centong, untuk kemudian dipukul, menimbulkan suara yang semoga bisa mengusir babi.

Setelah semuanya rapi, akhirnya sekitar pukul 9 malam, kami merebahkan diri, bersiap untuk tidur. Tak lupa menyalakan headlamp dan MP3 keras – keras, agar babi hutan tidak berani mendekat.

“Yaah, masa jam segini udah tidur. Gw sering insom, jam 4 pagi biasanya baru bisa tidur,” Cici berceloteh sambil memakai sleeping bag.

Saya dan Andi ada di paling pinggir, Cici, Adel, dan Hanna di tengah. Ada untungnya juga semua barang masuk, karena kami semua saling berdekatan, jadi lebih hangat.

Tidak sampai sepuluh menit kemudian, semua orang sudah tertidur, termasuk Cici yang mengaku insomnia. Sampai akhirnya ada suara babi yang terasa mendekat, Hanna dan saya langsung bangun. Kami menggoyang-goyangkan headlamp, mengencangkan MP3. Setelah dirasa aman, kami tidur lagi. Hal ini terus berulang sampai kira-kira pukul setengah 12 malam. Andi, Cici, dan Adel tetap tertidur nyenyak, nyenyak sekali. Saya tidur dengan MP3 yang memekakkan telinga dan headlamp menyala, saya letakkan di atas perut.

Tiba-tiba, babi hutan terasa mengendus tenda di atas kepala kami. Saya dan Hanna langsung terlonjak bangun, duduk, bercampur perasaan kesal, kaget, dan lelah. Bisa bocor kepala, kalau dia menanduk. Haha.

Di Tenda, Sebelum Ada Gangguan Babi
 “Ndi, Del, ada babi!” saya dan Hanna mencoba membangunkan mereka. Adel hanya membuka mata seklias sambil bergumam, “babi..” kemudian tidur lagi dengan nyenyaknya. Sementara Andi refleks mengeluarkan suara aneh dari mulutnya, “tak tok tak tok..” sambil mata tetap terpejam. Saya dan Hanna hanya saling berpandangan, agak lucu melihat respon mereka.

“Tidur aja yuk, Han! Bodo amat deh. Apa yang terjadi, terjadilah,” kata saya kepada Hanna. Baru kali ini kami tidur di tempat camp dengan gelisah karena takut serangan hewan buas.

Akhirnya, kami semua bisa tidur dengan nyenyak. Rencana muncak bersama mengejar matahari terbit dibatalkan. Demi keamanan barang-barang, saya dan Hanna muncak terlebih dahulu, baru Cici, Adel, dan Andi muncak setelah kami kembali ke camp.

Siangnya, kami berbincang dengan pendaki yang tendanya disobek babi hutan, “Kecap, mie, mentega, semua diambil Mpok sama babi hutan! Padahal kita udah tabur garem sama minyak kapak di sekitar tenda!”

“Harusnya pake minyak wangi, Bang. Mereka gak suka. Itu mereka mau masak buat keluarganya kali ya. Sampe semuanya diambil,” kami menimpali.

Akhirnya, pukul 12 siang kami mulai perjalanan turun. Turunnya harus ekstra hati-hati karena jalurnya berpasir, sehingga sangat mudah untuk jatuh tergelincir. Saya sangat menikmati pendakian kali ini. Semoga empat teman saya yang lain pun demikian.

Sampai jumpa di pendakian selanjutnya!

Teman Perjalanan kali ini. Ki - Ka : Andi, Cici, Saya, Adel, dan Hanna

1. Wkwkwkkwwk koplak amat! Babi oh babi~

2. Haha, harusnya judulnya, Tentang Aku dan Babi di Guntur

3. Hahaha... Ran babinya dimana... Kmrn blm lama aku k Guntur gda babi untungnya

1. Di lembahan sebelum ke puncak gitu Wi. Bagus doong gak ketemu Babi di sana :)