Skip to main content

Bertumbuh

Bertumbuh. Tidak hanya dari segi fisik, berharap kesadaran, pengetahuan, dan pengalaman sebagai manusia pun terus bertumbuh. Belakangan saya memikirkan kembali satu prinsip yang tadinya begitu saya pegang teguh, yang saya yakini adalah keputusan yang tepat. Saya mencoba merefleksikan kembali apa sesungguhnya yang membawa saya kepada pilihan tersebut.

Selama ini, saya cenderung mencari pembenaran atas pilihan tersebut. Saya fokus pada dampaknya, bukan pada alasan yang sungguh mendasarinya. Pilihan yang saya ambil memiliki dampak yang lebih bisa diprediksi dan lebih sesuai dengan saya hari ini.

Tidak selalu mudah untuk berefleksi dengan sungguh, kemudian bersikap terbuka dan jujur kepada diri sendiri. Saat ini, akhirnya saya menemukan bahwa keputusan itu dipilih karena ada ketakutan yang begitu melekat. Ketakutan yang selama ini mengendap di alam bawah sadar yang tentu saja tidak terbentuk dari pengalaman sekedar satu atau dua hari, tetapi pengamalan selama hidup dan pengaruh dari ekosistem tempatmu bertumbuh. 

Sekarang saya berada pada pemahaman bahwa tetap pada pilihan itu ataupun tidak, akan sama baiknya. Yang perlu dilakukan adalah mengkomunikasikan ketakutan-ketakutan itu pada pihak yang bersangkutan kemudian memutuskan bersama apa yang harus dipilih. Pilihan apapun yang diambil, seharusnya tetap bisa membuatmu bertumbuh, meskipun dengan cara yang berbeda.

Comments