Skip to main content

Happy Second Anniversary!

Happy Second Anniversary!

29 April 2013 – 29 April 2015.

Tahun lalu, saya buat post di sini tentang “perayaan” satu tahun saya kerja. Dan tahun ini, saya masih di kantor yang sama.

Dua tahun, lama atau sebentar? Relatif. Perlahan saya belajar mandiri secara finansial, mulai menata dan meniti karir, mulai belajar membagi, mulai belajar menyimpan – walaupun lebih sering gagal. Pas di “perayaan” dua tahun ini, sertifikat ASAI saya keluar. Semoga sebelum tahun ketiga, saya sudah bisa peroleh sertifikat FSAI.

Punya kesempatan belajar yang bagus, supervisor yang mendukung, partner kerja yang suportif, ada teman-teman kerja yang seumuran dan menyenangkan, benefit yang pas, dan izin cuti yang mudah. Mungkin ini alasan kenapa saya masih betah dan bertahan di sini.  

Tahun pertama adalah tahun mempertanyakan dan beradaptasi untuk saya. “Apa bener karir ini yang gw mau? Apa sih fungsi gw di sini? Untuk apa gw seharian, lima hari seminggu, minimal 9 jam sehari, gw ada di kantor? Apa yang gw cari sebenernya?”

Pertanyaan terbesar saya adalah, dengan saya bekerja di tempat saya yang sekarang, apa artinya saya bagi manusia lain. Ada yang bekerja untuk kemanusiaan, ada yang bekerja untuk rakyat banyak, dan ada yang bekerja untuk sosial dan lingkungan. Kalau mereka, jelas, terlihat interaksi langsung, apa fungsi mereka bagi manusia lain. Sedangkan saya, yang hampir selalu berhubungan dengan komputer dan angka, atau kasarnya sebagai kacung korporat, apa peran saya bagi yang lain? Bagaimana saya juga bisa berarti bagi yang lain?

Saya masih meraba-raba jawaban yang pas untuk ini.

Karyawan – Karyawati, kembali ke pelajaran SD jaman dulu, artinya orang yang berkarya. Selamat berkarya, semoga apapun pekerjaan kita, itu bisa jadi tools untuk kita bisa memberi sebanyak-banyaknya, berarti sebanyak-banyaknya bagi yang lain.

Masih seperti tahun lalu, ke depannya

Berbagi lebih banyak lagi.
Belajar lebih banyak lagi.
Baca lebih banyak lagi.
Jalan-jalan lebih banyak lagi.

Semoga!

Sampai jumpa tahun depan. 

Comments