Skip to main content

Seven Summits Project


You could become one of the persons that standing in those 7 highest peaks in Indonesia. Good luck! 
-quote from http://www.the7summitsindonesia.com

Dulu, Rinjani adalah gunung impian, gunung yang paling ingin saya daki, gunung yang terkenal dengan istilah surganya para pendaki. Setelah Rinjani terwujud, butuh waktu satu tahun untuk mendapat pencerahan, akhirnya saya memberanikan diri bermimpi bisa seven summits Indonesia. Info lengkap mengenai seven summits Indonesia bisa dibaca disini.  

Secara singkat, seven summits Indonesia dipilih berdasarkan gunung dengan puncak tertingi yang mewakili tujuh kepulauan besar di Indonesia, dari ujung barat, sampai ujung timur.

Berikut seven summits Indonesia:
  1. Kerinci di Jambi (Taman Nasional Kerinci Seblat), mewakili Pulau Sumatera
  2. Semeru di Jawa Timur (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru), mewakili Pulau Jawa
  3. Rinjani di Lombok (Taman Nasional Gunung Rinjani), mewakili Kepulauan Sunda Kecil
  4. Bukit Raya di perbatasan Kalimantan Barat & Tengah (Taman Nasional Bukit Baka), mewakili Pulau Kalimantan
  5. Latimojong di Sulawesi Selatan, mewakili Pulau Sulawesi
  6. Binaiya di Pulau Seram (Taman Nasional Manusela), mewakili Kepulauan Maluku
  7. Carstenz Pyramid di Papua (Taman Nasional Lorentz), mewakili Pulau Papua
Sebenarnya Kinabalu adalah puncak tertinggi di Borneo, tetapi karena tidak masuk dalam wilayah Indonesia, maka Bukit Raya yang mewakili Kalimantan.

Ketika saya sampai di Desa Sawai, Pulau Seram minggu lalu, saya kaget ketika Pak Ali, pemilik Resort memperlihatkan videonya di Puncak Gunung Binaiya. Ternyata, Desa Sawai adalah bagian dari Taman Nasional Manusela, berada di taman nasional yang sama dengan Gunung Binaiya. Saya sudah sangat dekat dengan Binaiya, tapi sayang, belum sempat menyambanginya kemarin.

Sekedar Intermezzo, entah kebetulan atau saya yang hanya berusaha mengaitkan, tiga dari tujuh seven summits ini saya lewatkan dengan merayakan ulang tahun partner jalan saya.

Saya mendaki Semeru di Juni 2012 bersama adik perempuan saya, Paulin, yang ketika itu merayakan ulang tahunnya yang ke-17.  Satu tahun kemudian, di Agustus 2013, saya mendaki Rinjani, bersama Leo, yang juga merayakan ulang tahunnya yang ke-20. Dan terakhir, Kerinci di May 2015, saya mendaki bersama Siska, perencanaan ini fix dilakukan tepat ketika ulang tahunnya yang ke-24. Saya masih ingat betul wish-nya tengah malam itu, “Semoga bulan depan kita bisa ada di Puncak Kerinci.”

It feels so good to give them a little surprise, and then hike the mountain together, to celebrate their birthday.
Spesial untuk project ini, semoga saya tidak perlu ikut open trip. Saya ingin melewatinya dengan orang-orang terdekat, dengan sahabat-sahabat terdekat. 

Maih tersisa empat lagi! Kamu punya impian untuk bisa seven summits Indonesia? Kamu ingin merayakan ulang tahun di gunung? Kita punya impian yang sama. Let’s have a journey together!

Comments

Post a Comment