Skip to main content

Yakin?

Bagaimana kamu bisa yakin? Salah satu pertanyaan yang cukup sering saya sampaikan ke teman-teman terdekat. Mereka hanya menjawab, ya yakin saja. Saya tidak pernah puas dengan jawaban itu. Bagaimana bisa meyakini tanpa ada penjelasan logis untuk salah satu keputusan terpenting dalam hidup. 

Belakangan baru saya mengerti ketika pertanyaan itu dilemparkan seorang teman kepada saya, "Bagaimana kamu bisa yakin?"

Saya terdiam sebentar, "Sejujurnya sulit untuk dijelaskan, tapi hatimu tahu. Itu aja."

Ia tampak tidak puas dengan jawaban saya, mungkin sama seperti ketika saya tidak puas dengan jawaban teman-teman saya dulu. Setelah dipikir-pikir kembali, sebenarnya bisa saja dicari banyak alasan yang logis kenapa bisa yakin, tapi balik lagi, itu "dicari-cari". Padahal, ketika yakin, ya yakin saja. 

Hmmm, entahlah, ketika masih ada pertanyaan itu di dalam hatimu, mungkin sebenarnya hati kecilmu tahu bahwa kamu masih ragu. Ketika sungguh meyakini, pertanyaan ini tidak terbersit sama sekali.

Comments