Skip to main content

Confuse(ius)

 You have two lives, the second one begins when you realise you only have one. -Confusius.

Saya tahu quote ini dari salah satu video Pandji, sekitar seminggu yang lalu. Tiba-tiba ada bagian diri saya yang tersentak. Kita cuma hidup sekali, iya saya tahu ini dari dulu, tapi saya baru benar-benar sadar waktu nonton video ini. 

Hidup cuma sekali. Takut dan khawatir ya wajar sekali, tapi kalau terus-terusan, mau sampai kapan? Kesadaran ini membantu saya untuk lebih santai. Nggak selalu harus berhasil, berhenti memaksakan, kalau salah ya diperbaiki, gagal ya dicoba lagi. Mengasihi diri sendiri, sambil belajar menghormati boundaries orang lain, terlebih orang-orang yang dikasihi. 

Butuh dua puluh sembilan tahun untuk sampai pada kesadaran ini. Dalam mengambil keputusan, saya akan bertanya kembali, kalau misal nggak ada faktor takut salah dan takut gagal, apakah pilihan ini patut diperjuangkan? Jika jawabannya iya, maka saya akan memilih jalan itu. 

Karena apa? Karena kesempatannya cuma sekali. Selamat ulang tahun yang kedua puluh sembilan. 


Comments