Skip to main content

cukup?

jadi, mau ngapain lagi nak kamu setelah ini?
setelah lulus, setelah punya kerjaan?

karir bagus, bisa kesana-kesini, nikah, punya anak, keluarga sukses, terus mati?

jadi berarti bagi orang lain?
berguna buat bangsa ini?

gw dulu mikir, yang penting gw cukup, keluarga gw cukup, bisa ngasih secukupnya ke orang yang perlu, udah, cukup hidup gw.

seiring berjalannya waktu, gw mikir lagi, emang cukup kaya gitu "aja"?
kenapa "aja" nya pake tanda kutip? yaa, karena proses untuk sampe sana gak segampang itu kayanya.
atau tergantung "cukup" nya gw. oke, "cukup" itu bukan ukuran, relatif banget, tergantung siapa yang liat.

balik lagi, jadi mau ngapain setelah ini?

coba kita itung-itungan. ah, jadi inget, gw pernah diprotes sama temen gw, katanya, "anak matematik tapi ko gak bisa memperhitungkan." yaa, karena gak semua mesti diitung.

waktu yang ada: 24 jam x 7 hari =  168 jam.
buat kerja : 10 jam x 5 hari = 50 jam.
tidur : 7 jam x 7 hari = 49 jam.

hmm, artinya, ada 69 jam tersisa selama seminggu. buat apaan aja itu?

selamat menentukan arah buat gw dan lo yang masih coba ngeraba-raba jalan yang mau dipilih.

buat lo yang udah punya arah yang jelas, selamat! semoga Anda berada di jalur yang benar.

tapi satu hal yang cukup gw tau, semoga, ketika gw dan lo mati nanti, banyak yang dateng di misa requiem kita buat ngedoain. dan ketika di api pencucian, banyak orang di yang masih hidup, yang berdoa buat kita. gak cuma keluarga.
jadi, cukup hidup cuma untuk sendiri dan keluarga?


yang pasti, gak cukup dengan nulis di blog ini si emang. haha.

Comments