Skip to main content

restu ibu

Setelah semua tiket udah dipesen, dua minggu sebelum berangkat, pas lagi di depan tv berdua sama Ibu.

"Bu, lebaran aku ke rinjani ya, Di lombok," kata gw dengan nada datar.

"Liburan tuh di rumah, kumpul sekeluarga. Kak Nina aja pulang. Berapa orang?" jawab dengan nada datar juga.

"Berdua," kata gw pelan.

"Hah? Berdua? sama anak KMK?" Nada nyokap mulai gak nyantai.

"Iya, yang waktu itu ke Bali juga."

"Udahlah, gak usah. Kirain rame-rame."

"Tiket udah di pesen semua, Bu. Masa gak jadi."

"Udah, di rumah aja tidur. Gak usah berangkat."

"Tidur mah gak dapet apa-apa."

"Naik gunung dapet apa emang. Pulang-pulang kamu makin item, dekil. Emang berani?"

"Hahaha. Biarin. Karena ada "Rani" di kata "berani" bu."

"Pret!" Muka nyokap gak enak, dia langsung ke dapur.

Yaa, salah satu kebiasaan jelek gw dari dulu, biasa ngasih tau, bukan minta izin. Tapi beruntungnya, ortu emang gak pernah ngelarang, biasa ngebebasin, kecuali untuk hal yang urgent banget.
Satu hal yang bisa dicontoh ketika jadi ortu nanti. Dan yaa, siap-siap aja, kalo ntar ada anak lo yang punya kebiasaan jelek kaya gini. Karma will slapped first in your face.

Gw tau, biar nyokap ngelarang kaya apa, gw bakal tetep jalan. Selama satu minggu, ade ama kakak gw sms, intinya gak usah jadi. Ternyata disuruh nyokap. Haha.

Seminggu sebelum berangkat, gw lagi di kamar, nyokap nyamperin.

"Itu beneran gak bisa dibatalin?"

"Nggak bu. Sayang tiketnya."

"Yaudah, hati-hati ya. Jangan dipaksain. Kalo ada apa-apa, langsung turun aja."

Gw speechles, senyum, dan cuma bisa bilang, "siap!"

"Kamu mau bawa beras? gula? apalagi? ambil aja di dapur. itu bawa aja tupperware nya."

"Haha, oke!" Gw langsung lari ke dapur, ngambil beras, gula, teh, gelas, sendok, dan semuanya. Tadinya gak berani, karena gak dapet izin. Haha. Ibu, aku padamu!

Dan yaaa, ketika orang yang lo sayang tetap pada pilihannya, dan gak bisa ngikutin yang lo mau, maka satu-satunya pilihan adalah ngedukung pilihan dia, ngedoain, dan semoga dia gak salah dengan pilihannya itu.

..................................................................................................................................................

Sabtu, 10 Agustus 2013

Sabtu pagi, bareng rombongan pendaki dari bandung, akhirnya kita ke mataram kota. Sempet mampir sebentar di sekret mapala fkip unram, minum kopi, sampe akhirnya ke rumah Noe, temen kampus yang emang tinggal di Lombok.

Aaaa, Noe dan keluarganya baik banget. Dikasih makan (padahal mereka lagi puasa syawal), di suruh mandi, tidur, dibayarin taksi, dibayarin bus damri, dianter beli oleh-oleh, pokoknya bener-bener ngerepotin deh.

Akhirnya, jam 8 malem, sampe lagi di jakarta tercinta, kota perjuangan! haha.

"Ran, udah dimana? Kalo udah di Damri, sms ya. Bapak jemput di rambutan."

Kyaaaa, asik. Ini untuk pertama kalinya, gw pergi jauh, dan pulangnya dijemput.

Satu jam kemudian, sampe lah di rambutan, dan udah ada angkot bokap. Pas gw masuk, howaaaaaa, ternyata dalemnya lengkap, ada bokap, nyokap, ka nina, ka uli, mega, ope! sekeluarga ikut. hahaha. Ah, itu senengnya luar biasa. Cape gw tiba-tiba ilang, pusing dan demam gw jadi gak berasa.

Sepanjang jalan ke rumah, puas ngobrol, ketawa pamer foto di rinjani ke ade gw (yes, dia cuma bisa senyum iri! haha. semoga, bisa ke sana lagi sama dia next time, pake porter tapi! haha). Ah Tuhan, terimakasih untuk keluarga ini.

Punya sodara banyak itu, 4, perempuan semua, salah satu hal paling luar biasa menurut gw. Bikin gw berasumsi, punya anak banyak itu anugerah. Kebayang gak, kalo ntar udah tua, lo bisa tinggal pindah pindah tiap bulan. Bulan ini tinggal di anak pertama, bulan depan tinggal di anak kedua, dan seterusnya. Kalo kumpul, rumah rame, kalo ada yang mau jadi pastor atau biarawati, gak masalah. Tenang, anak yang lain masih banyak. Haha.

Kalo suami lo mapan, punya anak itu, minimal tiga. Lima boleh lah. Haha. Aduh, maap pemerintah, tidak mendukung program KB.

Hari sabtu yang cantik itu ditutup dengan pergi ke klinik karena gw demam, flu, dan sakit seluruh badan.

Perjalanan kali ini, punya ceritanya sendiri.


Anyway, keinginan pensiun naik gunung? Kayanya gak jadi. Begitu sampe rumah, langsung mikir, gunung mana berikutnya? Hmm, papandayan.

Comments