Skip to main content

turun


perjalanan kali ini belum selesai. abis muncak, masih ada yang mau kita kunjungin, apa itu?! Yaa, danau segara anak.
rencananya, abis muncak, mau tidur siang, terus turun ke segara anak, buat ngecamp semalem, lusanya ke Gili, mantai!

tapi, rencana berubah. karena logistik masih cukup, akhirnya, kita mutusin semalem lagi di plawangan, yang itu artinya, gili gak bisa di perjalanan kali ini. next time!

hari itu bener-bener istirahat. abis muncak, makan, tidur. makan lagi, tidur lagi.
sampe akhirnya, pagi dan seger, dan siap-siap lah kita turun ke segara anak yang katanya butuh waktu 4 jam.

kita ngabisin waktu satu jam dulu buat kesasar, sampe akhirnya, dengan total jalan 4.5 jam, selamat datang di segara anak!!!
segara anak
cantik, segara anak cantik banget. kita ambil spot yang gak rame, jadi serasa lagi di pulau pribadi gitu, bener-bener cuma ada satu tenda. haha.
cuacanya cerah, pasang matras di luar tenda, ngeluarin novel, daaaan, selamat membaca!

oh yaa, sempet ketemu sama anak-anak UPH, mereka berempat, tiga cowo yang baru lulus angkatan 2009, 1 nya lagi cewe, anak SMA. Pertama naik gunung, langsung rinjani. Kece abis.
pas baru sampe di segara anak, kita langsung dikasih ikan goreng sama 1 grup pendaki gitu, aiiih, enak banget ikannya. Iya, jadi, di segara anak, bisa mancing atau ngejala gitu.

"Kalo kita goreng ikan, kayanya enak ya."
"Iya, kayanya enak."
"Lo bisa nyiangin ikan gak?"
Glek! "Aaa, oh iya, gak bisa gw."
"Oke, lupakan rencana makan ikan."

Percakapan singkat di segara anak.


malemnya gw gak bisa tidur. aaa, besok harus bangun jam 04.30 WITA, masak, siap-siap. Jam 6 berangkat dengan 4 jam harus jalan nanjak ke plawangan senaru dan 7 jam jalan turun. 11 jam nonstop. kuat gak ya gw. turun dari plawangan aja udah terseok-seok.

naik gunung itu cape, tapi turun gunung itu sakit. jadi, suruh siapa naik gunung?! haha.

akhirnya, pagi dateng juga.
paginya, gw udah semangat 45 buat turun. apa yang bikin gw semangat? gw udah mual sama masakan gw sendiri, mau minum coca cola, dan pengen telepon rumah, ngabarin gw baik-baik aja. pengen buru-buru sampe rumah, tidur di kasur, makan masakan nyokap!
ini sayur bayem yang lupa gw kasih garem sama sarden yang kepedesan

"Gw mau KFC."
"Gw mau pizza hut."
"Nasi padang juga kayanya enak."
Kita bedua ngobrol sambil menatap ke langit-langit tenda dengan prihatin, menahan air liur.








jalur senaru ituuuu rasanya panjangnya luar biasa. kalo sembalun dominan sama sabana, jalur terbuka, kalo senaru, setelah plawangan, mirip-mirip jalur putri gunung gede.


pemandangan segara anak dari plawangan senaru
ini pertama kalinya gw turun dengan kondisi kaki sakit. ah, lamanya bukan main. gak enak sama temen jalan karena dia harus nungguin gw lama.

"Gw pensiun naik gunung aja kali ya abis ini," gw asal ngomong pas istirahat di jalur.
"Ah, lo, gitu  aja nyerah!"
Sebelum sampe pos ekstra, jalan gw bener-bener lama, karena gw ngikutin sakit paha.
akhirnya, setelah pos ekstra, takut kemaleman, gw bilang, "Cepetin aja le. Kayanya gw bisa. Takut kemaleman." Udah jam setegah 5 waktu itu.

jreeeng!
langsunglah ngebut. akhirnya gw ngerti, ada dua pilihan, lo mau ngerasain sakit, atau "ignore" rasa sakitnya.

ini batas hutannya. senengnya luar biasa liat plang ini
pas jam 6 sore, sampe lah di batas hutan. ada yang jualan!
langsung kalap.
beli pocari sweat, makan pop mie, daaaannnnn coca cola. gila, ini coca cola paling enak yang pernah gw minum.
pas di segara anak, saking pengennya minum coca-cola, pas ada kaleng coca cola kebalik, ampe gw ambil, berharap masih utuh. ternyata zonk! yaiya lah ya. haha.

dan yang terakhir, beli air mineral dan minum sebanyak-banyaknya.
hmm, untuk 2 atau 3 hari pertama, minum air mentah gak masalah. tapi untuk selanjutnya, itu rasanya mulai gak enak.
mulai saat itu gw janji, gw bakal minum cukup di kantor. air mahal!

1 jam kemudian, kita akhirnya sampe di basecamp senaru, sama 1 grup pendaki dari bandung, 1 grup pendaki dari malang. Totalnya kita ber9, ngobrol, ngabisin malem di rumah panggung khas suku sasak yang buat tamu.

langsung telepon rumah, dan bilang, "saya baik-baik aja dan saya sayang kamu semua!" dengan malu-malu. haha.

Tuhan, terimakasih sudah menciptakan Rinjani dan mengizinkan saya ke sana.


Karena ngebayangin aja, gak akan pernah cukup.

Comments