Skip to main content

Backpacking Solo - Hari 1

Kali ini saya mau cerita tentang backpacking ke Solo 13-15 Desember 2013 yang lalu.

Udah direncanain jauh-jauh hari, ngajuin hari Jumat cuti, dan disetujuin. Rencananya mau Solo Backpacking to Solo, tapi nggak jadi, akhirnya berdua sama kakak saya.

Jodoh emang nggak kemana. Siang itu ada SMS masuk dari sepupu saya yang kuliah di Jogja.
"Ka, mau nonton Sheila on 7 nggak di Jogja?"
"Tanggal berapa?"
"Tanggal 14 Desember."

Wow, pas banget, akhirnya rute jalan-jalan jadi Jakarta-Solo-Jogja-Jakarta.

12 Des 2013
20.00 - 21.00 Sudirman-Pasar Senen                   (Taksi Rp 30.000,-)
22.00 - 06.30 Pasar Senen - Jogja Lempuyangan ( K.A. Ekonomi Progo Rp 50.000,-)

Di sebelah saya duduk ibu-ibu yang mukanya jawa banget.
Dia tanya, "Ade mau kemana?" Saya kaget, buset, ini logatnya batak banget.
"Mau ke Jogja, Bu," saya jawab sambil senyum.
"Ade orang karo ya?" Dia langsung to the point.

Waduh, ini Ibu punya indera keenam apa. Yang bilang saya batak pas pertama ketemu banyak, tapi yang bilang saya karo, ya baru beliau ini.
"Hah? Hahaha. Iya, Bu. Tapi Ibu saya jawa."
"Kalau saya asli Jogja. Tapi suami saya orang batak. Saya sudah lama tinggal di Batam, ini sekarang mau pulang ke rumah," kata beliau ngejelasin dengan logat batak yang sangat kental.
"Oalah, pantesan. Muka Ibu jawa banget, tapi saya kaget, logat ibu batak banget."
Beliau cuma senyum-senyum aja denger omongan saya.

Berapa kali ya saya harus bilang. Saya suka perjalanan dengan kereta ekonomi, apalagi sekarang udah ber-AC, ada colokan, semua dapet duduk, pedagang asongan udah nggak boleh masuk dan interaksi sama pennumpang yang lain juga dapet, dan yang pasti, murah meriah.

13 Des 2013
Kereta tepat waktu sampe di Lempuyangan. Halo Jogja, kota favorit!

Kita keluar dari stasiun, cari makan. Kita makan di angkringan persis depan stasiun. Hampir setiap ke Jogja, saya pasti mampir ke sini. Monggo dicoba.
"Yah Ran, nggak ada pisang goreng ya?" Kata kakak saya sambil liat-liat gorengan di nampan.
"Pak, ada pisang goreng?" Saya tanya ke Bapaknya.
"Abis Dek kayaknya. Tinggal tahu"

Saya ambil gorengan di nampan, cocol ke sambel, dan HAP, saya masukin ke mulut.
Saya meringis, ini yang saya makan pisang goreng. Jadi manis pedes begini. Percayalah sodara-sodara itu pisang gorengnya mirip banget tahu. Dan ternyata, itu bener-bener pisang goreng yang terakhir.

Kita beli 2 nasi kucing, 4 gorengan, 1 teh manis anget, 1 wedang jahe. Dan tebak, berapa semuanya? ENAM RIBU! Kalo di Jakarta, tau dah udeh berape.

Abis makan, Jam 7-an, kita balik ke stasiun, beli tiket Sri Wedari buat ke Solo, ternyata, kereta baru ada jam 10.20 siang. Akhirnya, saya tidur dulu di kursi panjang stasiun lempuyangan. Anggep aja kamar sendiri. Haha.

Tidur nyenyak, bangun seger, dan ternyata udah jam 9.30. Akhirnya jam 10.20 kereta berangkat.

10.20 - 11.20 Lempuyangan - Purwosari (Sri Wedari Rp 20.000,-)


Bersambung..







Comments