Skip to main content

saya sebut mereka sahabat

coba deh, sebutin siapa aja sahabat-sahabat lo yang paling deket sama lo, dan inget gimana kesan pertama lo untuk dia dan momen pertama apa yang bisa bikin lo akhirnya deket.

anggep aja post ini gw dedikasikan untuk beberapa sahabat.

1. indah, ani, fiesta
pertama ketemu mereka itu hampir 11 tahun yang lalu. jaman SMP. masih piyik, polos. haha.
momen yang bikin deket itu, yang paling gw inget, adalah kita sekelompok ngerjain tugas biologi, kita nanem jahe di pot gede, dan subuuuuuur banget.

dulu kita menamai genk kita sebagai geng "B'ALL" *baca" be'ol*, karena 2 diantara kita berempat, suka banget B'ALL. hahaha.
dulu, kita punya peraturan, kalo ulang tahun, traktirnya 15rb per orang, udah gitu, kadonya patungan 10rb per orang. tiap ulang tahun, pasti disurprise-in, jadi udah nggak surprise lagi sebenernya. haha.
gw masih inget banget, di ultah gw yang ke 17, ceritanya mereka mau ngebawa cowo yang udah gw gemari selama 5 tahun lebih ke rumah gw buat surprise, tapi ternyata gagal.

tiga diantara kita masih satu SMA. dan pas kuliah, gw sama fiesta satu univ, indah sama ani satu univ.
dulu masih pada anak-anak, sekarang udah pada gede. bahkan, terakhir kumpul, mereka udah pada ngenalin calonnya ke orang tua mereka masing-masing. luar biasa.

sebut saja kami b'all. hahaha


2. alvi
pertama gw ketemu dia, hampir 8 tahun yang lalu, di pecinta alam jaman SMA, tinggi kita sama, berat kita mirip-mirip, bedanya, dia putih, gw cokelat, dia suaranya bagus, suara gw lebih bagus tidak didengar. haha.
momen pertama yang bikin kita deket itu, lagi latihan fisik dan harus gendong-gendongan, kita pasangan gendong, dan celana dia robek pas gw gendong dia. haha.

kita beda jurusan, tapi enaknya, gw jadi kenal sama temen-temennya, dia jadi kenal sama temen-temen gw. kalo pulang malem, sekolah ampe soreeeeeee banget, ya pasti lagi sama dia ini, ngurusin ekskul ceritanya. haha.

"ayo bu, kita camping!"
"oke, liburan berikutnya ya!"
diucapkan tiap liburan kuliah, dan sampe udah sama-sama lulus sekarang, belum juga kesampean camping bareng.

saya dan alvi (perempuan jaket merah) di surya kencana
omg, ternyata ini naik gunung bareng terakhir kita. 2008.
3. kak her
pertama ketemu dia hampir lima tahun yang lalu. buset, rame banget orangnya. gw gak nyangka bisa sahabatan sama kakak yang satu ini.

gw bener-bener lupa momen apa yang bikin gw deket sama dia. tapi momen yang paling nggak gw lupain adalah pas dia nemenin gw ke Paulus 2 tahun yang lalu, dia satu-satunya orang yang denger gw nangis begitu memilukan, dan ngajak doa rosario bareng setelahnya. iya, kakak yang satu ini emang holy sekali.

dia juga oke banget kalo buat diajak jalan kaki keliling kota. masalah diskon di carrefour dan teman-temannya, pengiritan anggaran, ide gila jualan, tanya sama dia.

perjalanan tahun 2011 ke curug cilember, jalan kaki dari jl. raya puncak!
untung ka her emang hobi jalan kaki.
4. leti
pertama gw ketemu dia, hampir empat tahun yang lalu, cuma liat sekilas, kesan pertama itu, anaknya pasti pendiem banget, kutu buku. momen yang bikin deket itu, pas kita naik kereta untuk ke katedral, berdua doang, dan kelewatan satu stasiun. akhirnya, kita jalan kaki ke katedral.
setelah dikenal jauh lebih dalam dan dalam, emang doyan baca sih, tapi bawel dan hobi cerita ternyata.

di kamar gw sekarang, ada boneka dari dia, bingkai dari dia, dan banyak foto sama dia (dan pacarnya).
kalo gw nginep, hampir dipastikan gw nginep di tempat dia.

momen terbaik dari dua sahabat yang menginap adalah berbincang tak kenal waktu, sampa salah satu dari mereka ketiduran tanpa permisi.

"sampai kapan kita kaya gini?"
"semoga sampai selama-lamanya!" :D


Let, i will protect you, always! hahaha
5. hanna
pertama ketemu dia pas maba, empat tahun yang lalu, cuma kenal sekilas, dan ngobrol canggung kalo ketemu di halte. sampe akhirnya, kita ada di satu kepengurusan, hubungan ketua wakil. dari situ mulai deket. melengkapi satu sama lain, dan cerita tentang yang lain juga, nggak cuma kepengurusan.

keibuan, bijak, dan sangat perhitungan masalah anggaran. oke banget lah!
lo bisa ngeliat sesuatu dari perspektif yang lain kalo lagi ngobrol sama doi.

dia bikinin gw scrapbook yang cantik banget pas gw ultah, tapi, gw belom pernah kasih kado apapun pas dia ultah. ckckckc.

gadis berkerudung pink!

6. bernad
pertama gw ketemu dia, dia lagi duduk di sebelah leti. temen gw bilang, "Ran, liat deh, itu cowo mukanya cute banget." terus gw liat dia, dan bertanya dalam hati, "ini kenapa anak SMP bisa nyasar ke kampus?!"

momen yang bikin deket adalah waktu kita ke pulau tidung, dan setelah ditelaah lebih lanjut, doi ternyata juga hobi jalan-jalan dan gampang diajak kemana aja. haha. dia adalah salah satu teman jalan yang menyenangkan.

kalo lo ada di deket dia, dijamin lo nggak akan stress, hidup ini jadi kesannya simpel dan gampang. tapi jangan minta sebrangin sama dia, karena dia akan selalu memilih berada di sebelah kiri lo, mau lo cowo ataupun cewe. yaaa, pengecualian kalo lo gebetannya kali ya. haha.

naik gunung pertama sama si tuan buncis, ke merbabu!
where's the next?!

7. eja
pertama gw ketemu dia di pinggir danau UI, empat tahun silam, dan nggak banget deh obrolan pertama sama dia. haha.

momen pertama yang bikin deket mungkin karena kita sering banget satu kelompok SCELE dan temen naik angkot. kalo gw nggak ngerti bahasan kuliah, ya pasti nanyanya ke dia. dia bakal ngejelasin dengan bahasa yang mudah dimengerti dan sepenuh hati.

baju super girlie gw dapet dari dia tahun lalu. pas gw pake bajunya, orang pada tanya, "lo bisa beli baju kaya gitu, Ran?"

tapi sayang, nggak bisa gw ajak camping atau naik gunung. tapi tenang, bisa ke toko buku bareng. haha.

kalo kata eja, "ini lagi masuk dua besar asia's next top model." hahaha.
8. anne
gw pertama ketemu dia di Wisma SY, empat tahun yang lalu. waktu itu mau pelatihan interfaith dialogue di jogja. pertama ngeliat, beuh keras nih orang kayaknya. tapi ternyata, tampilan luarnya aja yang keras, dalemnya sangat lembut dan wanita, tapi tegas luar biasa. haha.

momen yang bikin deket itu ya pas yang pelatihan di jogja itu. dalam lima hari itu, gw langsung bisa respect sama dia dan pengen jadi temennya, bahkan langsung jadi pendukung ketika tahu dia mau jadi koorpres. haha.

sangat bisa membawa diri dan perhatian, doi banget.

profesi impian yang terpendam dari anne, jadi pegulat! hahaha

saya jadi inget, saya pernah bilang ke seseorang di suatu perjalanan,
"menurutku, pertama kali kita ketemu sama seseorang, kita langsung bisa tahu, mana yang bisa jadi temen deket, mana yang bakal jadi temen aja."

terus dia jawab,
"nggak. saat itu kau sudah memilih, mana yang mau kau jadikan teman dekat, mana yang nggak."

akhrinya, saya coba pikir ulang, dan menarik kesimpulan:
kayanya bener, pada akhirnya, diri kita sendiri yang pilih, mau jadi sahabat dia atau nggak. ketika kita memutuskan "ya", kita dengan tanpa sadar, membuka diri kita, menerima dia apa adanya, memaklumi kekurangannya, coba ngerti jalan pikirannya, dan sama sekali nggak minta dia jadi yang kita mau.

soo, sejauh ini, itulah beberapa sahabat terdekat gw dan momen-momen sama mereka. jadi, siapa sahabatmu dan gimana momen-momenmu sama mereka?

Comments