Skip to main content

salah perhitungan

Sambil nunggu rambut saya kering, saya mau dongeng sebelum tidur dulu.

Hari ini - oh maksudnya kemarin - 22 Januari, hari saya penuh dengan hal-hal yang salah perhitungan.


  • Pastikan kamu tahu jadwal kereta dari sudirman dan manggarai.
nah ini, dateng ke IPB cuma buat ambil foto ini. haha.
Saya cuti setengah hari, mau ke IPB, 2 orang sahabat saya wisuda hari ini. maksud hati ninggalin kantor jam 12 siang, ternyata baru bisa keluar jam 1 kurang. Saya naik ojek ke manggarai dari sudirman berharap dapet kereta yang lebih cepet dari stasiun kota.

Apa daya, begitu sampe di manggarai, ada pengumuman yang bunyinya, "kereta tujuan Bogor berangkat stasiun Tanah Abang."

Good, harusnya saya jalan kaki aja ke stasiun sudirman, nggak usah naik ojek ke manggarai.
rejeki abang ojek itu 25 ribu.


  • Pastikan kamu tahu jadwal commuter line dan transjakarta yang terakhir.


puas ketemu mereka hari ini. karena hujan - sebut saja, karena kami masih belum puas berbincang sebenarnya - akhirnya saya baru sampe stasiun pondok cina jam 10 kurang.

saya udah tahu, kereta ke sudirman paling malem jam 21.15, tapi yaudah, saya pikir, masih banyak kereta ke manggarai, nanti tinggal naik transjakarta ke sudirman, jadi maleman dikit nggak masalah.

tapi apa daya, begitu sampe di peron stasiun pondok cina, kereta ke arah kota udah jalan gitu aja. dan kemudian ada pengumuman, "Kereta berikutnya menuju manggarai-stasiun kota pukul 22.32 berangkat stasiun pondok cina."

alamaaak, akhirnya saya nunggu setengah jam, mana gerimis-gerimis romantis gitu kan, ditambah lagi itu peron atapnya bocor.

jam 11 lewat saya baru sampe di manggarai. saya langsung jalan ke halte transjakarta, ketar ketir masih ada nggak nih transjak jam segini.

"waah, masih ada orang yang nunggu di halte. masih ada berarti." kata saya dalem hati.
masuklah saya ke dalem halte, dan pas saya masuk, itu orang-orang yang lagi pada nunggu langsung bubar petugasnya bilang, "sudah nggak ada yang beroperasi lagi." Good news!


  • Pastikan uangmu cukup untuk naik angkutan


Saya keluar halte. Hitung duit cash di dompet, nggak sampe 20 ribu. Tadi siang aja naik ojek 25 ribu, apalagi sekarang udah malem, jam 11 lewat.
Akhirnya saya putuskan, untuk jalan kaki ke kosan! Kosan saya ada jam malem, jam 12 malem.

Keburu nggak nih. Berasa cinderella ye, bedanya, kalo lewat jam 12, cinderella berubah jadi upik abu, kalo saya, tidur di luar artinya.

Jalanan Jakarta tengah malem iu cantik. Nggak banyak mobil, lampu jingga di sepanjang jalan.

Tapi banyak juga pemandangan yang bikin hati lo terusik. Banyak yang tidur di depan toko-toko, cuma dialasin kardus, ada yang sendiri, ada yang sekeluarga (kebayang nggak, dinginnya di musim hujan kaya gini).

Terus tadi juga saya kaget, ada ibu yang bawa karung gede, gendong anaknya yang kecil, dan ada lagi satu anaknya yang jalan di sebelahnya. Tengah malem padahal.
Bisa apa saya ngeliat itu? Ckckck.


  • Terima tumpangan dari orang asing di Jakarta? 

Banyak banget ojek yang nawarin tumpangan, yang tentu aja saya tolak.
Kalo tukang ojek, nawarinnya jelas, "Ojek Mbak?" 
Saya bilang "Nggak, makasih."
Mereka langsung pergi.

Sampe akhirnya, ada mas-mas yang bawa motor dan berenti di depan saya, "Mau kemana Mba?" saya jawab, "Nggak, makasih mas." Saya tetep jalan.
Terus itu orang jalan lagi ke depan saya, "Mau kemana Mbak? Ayo saya anter."
Saya jawab lagi dengan datar "nggak mas, makasih."
Fyuhh, untunglah akhirnya itu orang pergi.

Lima meter kemudian, ada motor yang berenti dalam keadaan menyala. Kali ini keliatan kaya orang kerja, rapih, pake ransel, pake kacamata.
Dia bilang, "Mau kemana Mbak? Ayo, nggak papa saya anter."
"Nggak mas, makasih."
Mirip kaya yang tadi, dia jalan ngelewatin saya, dan menepi, "ayo Mbak, mau kemana emang? nggak papa."
"Nggak mas. Deket. Setiabudi, udah deket kok."
"Loh, saya juga mau ke sana. Ayo, bareng aja."
"Nggak Mas, saya jalan kaki aja. Makasih."
Untunglah, orang yang kedua ini juga langsung pergi.
Haisssh, kalo di daerah, orang asing nawarin tumpangan, saya nggak ragu buat terima. Kalo di Jakarta, tidak, terimakasih.

Sampailah saya di pertigaan kuningan sudirman, dan saya kaget, pas saya liat di seberang, ada perempuan supersexy penampilannya yang lagi disamperin sama orang yang pertama nawarin tumpangan itu.

Akhirnya, saya sampe di kosan jam 12 kurang 5, kemudian mandi kembang tengah malam, dan nulis cerita ini.

perhitungan dan perencanaan iu baik. tapi kejutan itu menyenangkan!

rambut saya sudah kering. selamat malam.

Comments

  1. kalo bagian dari perempuan
    hahaha...
    bapak.. : gak bakal kubiarin,, kalo mw jalan aku ikut.. haha
    abang ; *ngmong sama laki2 itu* ada kakakmu cewek? hahaha
    adek : gak berani ngapa2in
    hahah

    ReplyDelete

Post a Comment