Skip to main content

Trilogi Parasit Lajang

Si Parasit Lajang. Cerita Cinta Enrico. Pengakuan Eks-Parasit Lajang. Trilogi karya Ayu Utami yang baru selesai saya baca

.

Parasit Lajang
Di buku yang pertama, kita bisa menemukan "10+1 alasan tidak menikah", cerpen tentang A dan pertemuannya dengan rekan-rekan A yang unik, alasan mengapa A menyebut dirinya sebagai parasit lajang, dan protes-protesnya tentang sistem masyarakat yang begitu patriarkal. Sampai akhirnya tercetus, "Menikah itu perlu, tetapi tidak harus. Menikah itu perlu, bagi mereka yang membutuhkan."

Cerita Cinta Enrico
Kisah hidup seorang Enrico, anak kedua (yang akhirnya menjadi anak tunggal) dari keluarga tentara yang lahir bersamaan dengan pecahnya PRRI di Sumatera Barat, yang makan sedikit puting ibunya karena kelaparan ketika di tengah hutan. Perjalanan bagaimana dia sangat mengagumi, sampai akhirnya berusaha membebaskan diri dari kekangan ibunya, wanita yang paling dicintainya.

Pengakuan Eks-Parasit Lajang
Otobiografi seksualitas dan spiritualitas Ayu Utami. Kisah tentang A yang memiliki ibu seperti Ibu Maria, tetapi ayah yang menurutnya seperti monster (dan dia menganggap dirinya sebagai monster kecil). Dia menjadikan kitab suci seperti kitab sastra favoritnya. Baginya, konsep keperawanan sangat tidak adil. Dia memutuskan untuk tidak menikah sampai akhirnya dia menemukan tidak ada kesalahan ontologis pada sistem pernikahan katolik.

A membangun sistem nilainya sendiri sekalipun bertentangan dengan nilai-nilai masyarakat. A sempat muak pada agama dan mempertanyakannya. 

Perjalanan bagaimana A menemukan "jalan pulang", pertemuannya dengan Rik, konsistensinya dengan nilai-nilai yang dia anut, memanggil pembaca untuk mempertanyakan dan berusaha menemukan jawabannya sendiri dan membangun sistem nilainya sendiri.

Comments