Skip to main content

antara kaos dan dress

kaos, jins, sama sendal gunung. seragam saya waktu kuliah dulu.
saya cuma punya 2 jins yang udah belel. kaos juga bukan yang keren.
temen saya bisa hafal dan ngedaftar kaos apa aja yang saya biasa pake selama seminggu ke kampus.
bahkan, beberapa ade kelas saya pernah main tebak-tebakan baju apa yang saya bakal pake di hari itu karena dikitnya koleksi baju saya. 
kombinasinya cuma jins, kaos kepanitian, kaos handesign, dan kaos superman pink.
kalo ada baju yang lain, bisa dipastiin, itu baju pinjeman kakak atau ade saya.

dulu, mandi sama keramas jadi prioritas entah yang keberapa.
sempat memulai dinasti "koorfak jarang mandi".
kalo lagi ada acara kampus yang nginep, terus saya mandi, mereka bilang, "yaaah, hujan badai nih kalo lo mandi!"

sampe akhirnya lulus.
ke kantor udah nggak bisa pake kaos sama celana jins. terpaksalah beli celana bahan sama baju kerja.
mandi sama keramas udah normal jadwalnya kaya orang kebanyakan.
tapi tetep, no skirt no dress.
terakhir saya pake rok mungkin pas SMA, rok wajib abu-abu.
terakhir pake dress mungkin pas SD, waktu saya belum bisa nolak baju yang dibeliin sama ibu.

setelah hampir satu tahun kerja, akhirnya, saya mau pake dress lagi.
awalnya karena ada temen yang nikah di malang dan ibu saya tanya.

I: kamu pake apa ran nanti ke undangan di malang?
R: pake kemeja aja sama jins.
I: lah kan ada dress batik itu.
R: ah, gak punya sepatunya.
I: itu pake punya mega atau uli.
R: gak muat bu. 
*kalo baju, kita berempat bisa tuker-tukeran pake. tapi sepatu, saya nggak bisa. kaki saya gede sendiri.*
I: coba ambil sepatu di lemari. yang item.
R: *ambil sepatu ada haknya. coba. dan gak muat.*
tuh kan, gak muat.
I: bisa, sini ibu benerin.
*akhirnya nyokap sama ade gw ngatur-ngatur supaya itu sepatu muat di kaki gw.*
I: nih, coba.
R: wah, jadi muat.
I: yaudah, bawa nih. pake sama dressnya. biar jadi perempuanlah sedikit.

hari H nya tiba.
sekamar berempat sama temen perempuan yang lain.
mereka udah bangun dari jam setengah 6 karena solat dan langsung mandi terus dandan make up.
saya baru bangun jam 7, dan bangun-bangun, mereka udah pada cantik. haha.
tidur lebih berharga daripada dandan sob!

15 menit mandi, akhirnya saya pake dress dan sepatunya. karena jam setengah 8 harusnya kita udah dijemput.
saya agak canggung sebenernya buat keluar.
1. saya nggak pernah pake dress atau heels di depan mereka.
2. ssssttt, betis saya bukan betis kecil yang para perempuan itu punya. haha. dulu saya minder banget. sekarang si bodo amat. nih betis modal buat jalan kaki jauh.

pas keluar, komentar mereka lucu-lucu. yang paling lucu yang saya inget itu:
"wets, kenapa ada cowo pake dress sama heels?"

tapi ada satu komentar yang paling saya inget dan bikin saya mikir ketika lagi ambil makan prasmanan:
"Ran, angin apa lo pake baju kaya gitu?" dia tanya.
"disuruh nyokap nih, " jawab saya sambil cengengesan.
"ah, kan gak ada nyokap lo disini. bilang aja emang lo mau. sekarang pake dress, besok lo pake make up" kata dia santai.
"ya nggak lah kalo make up mah!"
dia bales lagi, "liat aja ntar Ran!"

sambil makan, saya mikir. mungkin dia bener. awalnya emang ibu saya yang suruh. tapi ujung-ujungnya karena saya yang memutuskan untuk mau.
setahun yang lalu, saya pernah bilang, "setiap perempuan akan feminim dengan sendirinya, pada waktunya."
mungkin.
mungkin ya. mungkin nggak.

Comments