Skip to main content

bersoloria di malang

saya mau cerita tentang jalan-jalan saya ke malang.

berhubung kamera saya masih rusak, jadi kali ini saya cerita pake foto seadanya dari kamera HP.

ini kali ketiga saya ke malang. kali ini tujuan utamanya adalah ke nikahan temen, sedangkan kalo dua kunjungan sebelumnya itu untuk naik semeru.

nikahan selesai, temen-temen yang lain pulang minggu, tapi saya tambah sampai senin. maksud hati jalan-jalan di malang, ngunjungin SSA dan sedikit nostalgia, apa daya, mereka ternyata lagi jadi relawan kelud. jadilah saya bersoloria di malang.

minggu sore itu belum dapet hotel, nggak ada yang dikenal sama sekali, tapi dapet info dari temen yang di surabaya, "ada hotel di depan gereja kayutangan." akhirnya, saya pilih ke daerah kayutangan itu yang ternyata nggak jauh dari stasiun kota baru malang.

ini tempat - tempat yang saya kunjungin.

0. Batu Night Spectacular

batu night spectacular!
Kenapa saya kasih nama 0? Karena ini masih sama temen-temen kuliah saya ke sini. Semacam dufan sebenernya. Banyak wahana, tapi nggak sebanyak dufan, dan tiketnya nggak terusan. Masuk 25ribu. Kalau mau naik wahana, per permainan antara 10rb-15rb.

Wahana yang paling oke buat saya adalah Mega Mix. Kita kaya di piring gitu, terus di puter, di bolak-balik.
Yang paling edan adalah sepeda gila. Buset, ini lama banget. 9 menit di puter-puter. Pertama-tama, berasa banget ekstrimnya, lama kelamaan, karena udah tau "pola" nya, jadi biasa. Tapi mual bukan main. Haissh.

Dua wahana ini wajib dicoba.

sepeda gila
1. Tourist Information Centre di daerah kayutangan

Saya  minta peta sama tanya hotel melati yang deket-deket. Akhirnya, saya dapet hotel X, persis di depan gereja katedral malang. 165rb, ada AC, air panas, sama TV. Hotelnya bagus sih, tapi sayang kurang bersih. Hawanya agak nggak enak. Mungkin bisa numpang di katedral, tapi saya nggak seberani itu. Akhirnya, takut kemaleman dan nggak dapet hotel, saya pilih hotel itu.

2. Gereja Katedral Malang

Saya ikut misa minggu sore di sini. Bagus gerejanya! mirip-mirip katedral, tapi lebih kecil. Banyak orang dari indonesia timur ternyata yang ikut misa sore di sini.
Saya kira, semua Gereja punya goa maria sendiri. Ternyata nggak. Gereja katedral malang nggak punya goa maria.

3. Es krim Oen

Es Krim Oen rasa Cokelat, Jeruk, Strawberry. Nyam!
Persis di seberang gereja, ada toko es krim oen yang terkenal itu. begitu masuk, langsung disambut suasana tempo dulu. saya pilih menu es krim oen spesial, seharga 40rb, isi 3 scoop.
enak! kalo dibandingin sama es krim biasa, teksturnya lebih kasar es krim ini.
pas makan, tiba-tiba saya inget, ini rasanya mirip sama es krim tradisional yang pernah saya makan di solo. bedanya, yang di solo nggak seterkenal Oen, jadi harganya nggak semahal Oen. Hehe.

4. Alun-alun malang

Selesai makan es krim, saya jalan kaki sedikit ke alun-alun malang. rame banget. mulai dari jualan bakso, buku anak-anak, jajanan jaman SD dulu, jualan keong, sampe "judi".

Yang menarik perhatian saya yang "judi" itu. Jadi, ada botol aqua, jepitan lidi, sama karet yang udah ditaliin kalo nggak salah. Intinya, kita harus bisa ngangkat itu jepitan. Hadiahnya handphone bekas sama rokok 1 slop. Yang unik adalah, ketika saya di sini, yang banyak ikut permainan ini malah perempuan-perempuan. Haha.

5. Tugu Malang

"Monasnya" Malang

Udah hampir jam 9 malem, saya lanjut jalan kaki ke tugu malang. Lumayan sepi jalanan dari Alun-alun ke tugu. Sampe tugu, ternyata masih lumayan rame. Rata-rata anak muda yang lagi pada pacaran.
Tapi tempat ini bagus, kalo dari jauh, mirip  monas gitu. haha. Pencahayaannya bagus. Di tengah-tengah kolamnya bayak banget teratainya.

6. Warnet

Tebak, kenapa saya ke warnet?
Karena saya lagi mengulur waktu. Saya males banget balik ke hotel.
Bagian paling nggak enak jalan sendiri adalah tidur sendirian di hotel. Haha. Tapi nggak mungkin juga kan saya nginep di warnet. Jadi, jam 11 saya balik ke hotel.

7. Perpustakaan Umum Malang

Saya baru bangun jam 8. Mandi, packing, dll., selesai jam 9. Berhubung jam setengah 12 saya udah harus ke bandara malang, saya pilih tempat yang deket-deket aja.
Liat peta dari TIC kemaren, hmm, kayanya ke perpustakaan umum lucu juga.

Belajar baca peta dari yang paling sederhana. Saya jalan kaki dari daerah kayutangan ke perpus umumnya sambil ngikutin peta. Gaya kan, pake ransel, baca peta, berasa turis! haha. padahal mah, jaraknya deket banget.

salah satu sajak dari H.C. Widjaja
Sampe perpus umum, ternyata perpusnya rame, bagus, dan lumayan lengkap. Ada banyak buku sejarah, ensiklopedi, novel, sampe komik. Saya baca buku yang bagus, buku kumpulan sajaknya H.C. Widjaja.

8. Bandara Abdul Rachman Saleh

Udah siang, saya harus berangkat ke bandara dan janjian sama temen saya. Sayangnya, belum ada damri untuk ke bandara. Pilihannya cuma dua, ojek atau taksi. Taksi dari stasiun kota baru ke bandara 75rb. Supirnya nggak mau pake argo.
Supir taksinya banyak cerita tentang Ibu Risma dan Jokowi. Haha. Dia juga cerita kalo dia asal Jember, rumahnya deket rumah Anang.
Sekitar 45 menit perjalanan, akhirnya sampe di bandara.

Bandaranya kecil, kaya rumah gitu. Penerbangannya juga nggak banyak, cuma ada 4 maskapai kalo nggak salah. Tapi lumayan nyaman.

Saya sempet debat sebentar sama mba-mba asuransi penerbangan. Seinget saya, terakhir saya naik pesawat, boleh pilih, mau pake asuransi atau nggak.
Nah, yang kali ini aneh. Pas habis check in, mau masuk ruang tunggu, dia bilang, "Mba, kami dari asuransi X, mba kalau mau terbang, harus bayar asuransi dulu."
Entahlah, saya yakin aja kalau penerbangan itu akan baik-baik aja, akhirnya saya tanya, "Kalau saya nggak mau, boleh?"
Orangnya jawab, "Kalau Mba ikut asuransi, kalau terjadi sesuatu, Mba akan dijamin asuransi." Mbanya jawab tapi sambil sibuk ngerjain yang lain. Akhirnya, temen saya bayar, dan karena udah mepet waktu, saya juga ikut bayar.

Kadang saya aneh sebenernya sama diri saya sendiri. Saya dapet "makan" dari kerja di asuransi, tapi saya masih males banget buat yang namanya ikut asuransi.

Akhirnya, sampe di jakarta dengan selamat.

Selamat datang kembali di meja kerja!