Skip to main content

Jokowi dan Sendal Gunung

Kalo ada yang tanya, "lo dukung siapa?" Saya bakal jawab dengan pasti, "Jokowi!".

Ada yang milih presiden berdasarkan track recordnya, ada juga yang "gw gak mau dukung A karena di belakang B tuh ada A1 sampe Z1000 yang gw gak suka", ada juga yang "partai gw dukung C, makanya gw juga pilih C", ada juga yang pake teori konspirasi, dan masih banyak lagi.

Kalo orang lain punya alesan rasanya tinggi, bagus, dan sangat sistematis, saya nggak punya alesan secerdas dan sebrilian itu. Ini dia alesan saya kenapa Jokowi.

1. Jokowi adalah jawaban dari harapan yang bahkan nggak pernah terucap.
  • Saya pernah berandai-andai punya presiden yang sederhana, yang kesannya "terjangkau" sama orang biasa, yang bukan terlahir enak dari sananya. Dan tiba-tiba, muncullah Jokowi.
  • Saya pernah berandai-andai, harusnya, mereka yang mau jadi wakil rakyat atau presiden itu nggak perlu keluar duit banyak-banyak. Kalo rakyat emang suka, mereka bakal didukung dan dibiayain sama rakyat itu sendiri. Dan relawan Jokowi bertebaran dimana-mana, bahkan ada rekening untuk sumbangan kampanye.
2. Iri sama Jakarta
  • Pas Jokowi jadi gubernur Jakarta, saya iri, masa Jakarta doang yang bisa punya pemimpin macem itu, sedangkan Depok nggak. Yakaliiii, dia mau jadi walikota Depok abis jadi gubernur Jakarta. Dan, taraaaaaa, inilah saatnya, Jokowi nggak cuma buat warga Jakarta.
3. Jokowi itu semacam secercah harapan
  • Saya pernah tanya sama temen saya yang PNS, "Kenapa si, pemerintahan gak bisa dibikin kaya perusahaan swasta, di masalah pelayanannya yang ramah, birokrasi yang nggak ribet, atau masalah KKN yang kesannya udah susah banget diilangin." Dan pas debat capres, Jokowi menyentuh semua ranah itu, kalo saya gak salah nangkep.
  • Dulu saya mikir, Indonesia bakal gini-gini aja, siapapun yang mimpin, gak bakal banyak perubahan. Dan ngeliat Jokowi maju, harapan perubahan itu jadi ada.
4. Jokowi mudanya suka naik gunung


Jokowi muda (sumber gambar: news.liputan6.com)

  • Nah, kalo ini masalah selera pribadi. Hahaha. Saya percaya hasil tempaan alam.
Di pikiran saya, asosiasi Jokowi itu cocok sama sendal gunung. Sederhana, tahan banting dan "blusukan", dan bisa kasih nyaman dan aman untuk kita-kita rakyat jelata. 

Nggak penting ya alesannya. Haha.

Saya berharap Jokowi bisa jadi presiden, tapi kalo emang akhirnya Prabowo yang kepilih, ya nggak apa-apa. Santai lah. Siapa tahu, jadi lebih baik juga. 

Saya jadi inget, meskipun saya dulu nggak milih presiden kita yang sekarang, saya paling sebel kalo orang udah mulai olok-olok dia, apalagi yang dulunya pilih dia jadi presiden. Rasanya pengen bilang, "Lah elu, dulu kenapa pilih dia. Pilihan lo juga kali! Ya begini jadinya, ikut tanggung jawab juga harusnya."

Pak Jokowi, semoga Bapak terpilih, dan kalau terpilih, semoga Bapak nggak PHP. Atau, jangan-jangan, cuma rakyat yang ke-ge-er-an :D

Comments