Skip to main content

kelapa sawit

saya begitu semangat untuk pulang sabtu kemarin, meskipun harus sampai rumah hampir tengah malam.
ada saudara dekat yang datang dari jauh, dia sering membantu kami.

saya baru saja selesai membaca Partikel karya Dee, yang menceritakan bagaimana para aktivis lingkungan berusaha menyelamatkan orangutan yang sering ditembaki oleh pengusaha kelapa sawit. Betapa banyak spesies yang bisa hilang untuk satu pohon yang ditebang untuk pembukaan kelapa sawit. Dan bagaimana kelapa sawit bisa merusak tanah.

saya masih ingat, bagaimana novel Saman karya Ayu Utami menceritakan sosok Saman, pastor yang kemudian menjadi mantan pastor, berusaha membela dan memperjuangkan rakyat dan perkebunan karet mereka agar tidak diganggu lahannya oleh para pengusaha kelapa sawit.

selasa minggu lalu, di suatu berita pagi, saya menonton di televisi, bagaimana Rudi Putra dan aktivis lingkungan yang lain berusaha melindungi badak dan hutan di gunung Leuser. Leuser yang semakin terancam dengan pembukaan lahan kelapa sawit.

saya merasa saya hanya penonton. tidak ada andil sama sekali.

semalam baru saya dengar, saudara dekat yang datang dari jauh ini memiliki puluhan hektar lahan kelapa sawit, baik yang sudah ditanami maupun yang belum ditanami.

Comments