Skip to main content

hampir hilang


Semeru 2011

Akhir-akhir ini, lumayan sering denger berita pendaki ilang di gunung. Yang terbaru. ada dua pendaki di Semeru dan satu pendaki di Kendang yang dinyatakan ilang. Satu yang di semeru, udah ditemuin sama tim SAR dengan kondisi selamat di area Blank 75, yang lain masih dalam pencarian.

Jadi inget, pengalaman hampir nyasar di lereng mahameru pas pendakian Juli 2011.

Pengalaman naik gunung saya mah masih cupu, belum banyak jam terbangnya. Jadi, perjalanan sampe Ranu Kumbolo sih masih happy-happy aja. Sampe Arcopodo masih fun, meskipun jalurnya agak terjal. Nah, pas muncak mahamerunya yang mental saya bener-bener jatoh. Pendakian ini ada 13 orang, yang perempuan ada dua orang, saya sama Mite.


Sebelumnya, saya gak pernah naik gunung yang medannya pasir. Jadi, naik 3 langkah, turun 2 langkah. Anginnya kenceng, dingin, ngantuk, pasir masuk mulut, cape, susah napas, semua jadi satu. Jam 2 sampe jam 6 saya masih oke, masih berusaha dengan terseok-seok. Matahari mulai terbit dengan cantiknya, bukit-bukit udah keliatan berdiri dengan gagahnya. Mulai hangat, lama-lama jadi panas, dan energi saya makin habis. Jam 8 saya mulai kesel sama diri sendiri yang udah gak sanggup, padahal dikit lagi sampe. Akhirnya, saya putusin untuk turun, ketemu Mite yang beberapa meter di bawah saya yang udah gak mau muncak.

Yaaa, resmi saya gak bisa menjejak puncak mahameru di pendakian kali itu.

Tau nggak, orang yang udah kecapean, laper, mentalnya jatoh, itu bisa jadi bego, gak bisa mikir logis.

Saya ke Mite, minta apel sama permen. Saya duduk-duduk sambil makan apel di sebelah Mite, masih sebel sama diri sendiri. Pas saya mau ambil permen, permennya jatoh. Saya coba ambil, eh karena medannya pasir, itu permen malah bergerak ke punggungan sebelah karena gerakan saya.

Bodohnya, saya ikutin terus itu permen, tanpa sadar, saya udah beda punggungan dan makin jauh sama tempat awal saya tadi. Sekalian turun, saya mikirnya. Padahal, mahameru kan bentuknya kerucut, kalo udah salah turun, dia bakal makin melebar dan makin jauh ke jalur yang sebenernya.

Permennya jatuh makin jauh dan saya mulai sadar, saya salah jalur turun. Beda sama jalur saya pas naik, nggak keliatan ada tiang-tiang yang hampir roboh. Saya udah nggak berusaha ngambil itu permen. Dari tadi, saya bergerak ke kiri, untuk ke jalur yang bener, berarti saya harus balik ke kanan.

"Miteeee.. Miteeeee...!!!" Saya teriak. Gak ada jawaban.

Ada beberapa punggungan pasir yang harus saya naikin. Sialnya, mereka gampang banget runtuh, nggak kuat untuk jadi pijakan. Saya terus coba, nggak berenti, ada beberapa yang berhasil dilewatin. Tapi ada yang agak tinggi, dan begitu udah mau ngelewatin, itu pasirnya runtuh, jadilah badan saya merosot ke bawah, dan perut kiri saya kerasa perih. Pas saya liat, ternyata lukanya lumayan banyak. Padahal itu udah lapis jaket tebel dan dua baju.

Saya duduk, diem, sambil nenangin diri. Pemandangan di depan yang mahabagus jadi terasa sangat nakutin.
Kebayang nggak, di lereng pasir, nggak keliatan satu orang pun, cuma ada langit, awan, dan bukit-bukit tinggi. Ada banyak yang dipikiran saya saat itu, "Ya Tuhan, masa iya saya mati di gunung. Gimana nanti keluarga saya. PA saya kemungkinan besar ditutup gara-gara saya. Berapa banyak orang yang harus saya repotin kalo saya mati di sini."

Tiba-tiba, ada suara.
"Rani! Rani!" Suaranya sayup-sayup banget. Suara Mite.
"Iyaaaaa!!!!" Saya kaget, langsung teriak.
"Raniiiiiii..." Mite teriak lagi. Kayanya dia nggak denger jawaban saya barusan.
"Miteee.. Miteee.." Saya coba teriak lebih kenceng.
"Iyaaa. Lo dimana Ran?"
"Disiniiiiiiiiii."
"Lo diem di situ. Tompel lagi coba ke sana."

Ah ya Tuhan, terimakasih.

Saya diem. 10 menitan kemudian, saya bisa liat Tompel yang pake slayer merah dan jaket biru agak jauh di atas saya. Dia kasih instruksi kemana saya harus bergerak. Dia nggak mungkin turun ke tempat saya, karena akan sangat susah naiknya lagi.

Saya nggak bisa kembali ke jalur yang bener, karena pasir-pasirnya sangat nggak bersahabat. Saya ikutin instruksi dari tompel dan tau-tau udah nggak di medan pasir dan udah ngelewatin batas vegetasi. Pas saya sampe tenda di Arcopodo, temen-temen yang lain ngetawain saya.

"Kok pada ketawa?"
"Ngaca sono!"

Pas saya ngaca, saya kaget sendiri. Ya Tuhan, muka saya item semua. Rambut saya putih semua kena abu pasir. Bodo deh jelek, yang penting gw selamet. Kata saya dalam hati.

Mite and Tompel were my heroes that day.

Sebelah kiri saya Tompel, sebelah kanan saya Mite


Setahun sesudahnya, Juli 2012, dengan tim yang beda, akhirnya saya bisa menjejak mahameru dan bahkan dapet sunrise di puncaknya.


Comments

Post a Comment