Skip to main content

bo*ker di gunung

Hari ini saya seharian ketemu sama cewe-cewe yang doyan naik gunung, yeeaaaa, mereka temen-temen SMA saya, satu PA. Naik gunung dan belajar alam bebas, ya pertama kali sama mereka ini.

Setiap ketemu, kita pasti selalu nyeritain ulang momen-momen naik gunung bareng. Dan intensitas ketawanya nggak pernah berubah, meskipun itu udah berkali-kali diceritain. Yang mau saya ceritain sekarang adalah berbagai pengalaman unik boker di gunung. Oke, sebelum dilanjutin, pastiin kamu nggak lagi makan ya. haha.

Ini pertanyaan yang paling sering muncul: "Ran, kalo mau pipis atau boker di gunung gimana caranya?"
"Intinya jangan di jalur. Kalo pipis, ya cari semak-semak. Kalo boker, cari semak-semak juga, gali dulu. Jangan lupa tissue basah. Tissue basahnya jangan dibuang sembarangan."
Biasanya, mereka akan mengernyitkan dahi dan sedikit jijik, "Kaya kucing dong. Terus, kalo ada hewan gimana?"
"Ya pastiin aja nggak ada hewan-hewan aneh di sekitarnya."

Itu yang saya pelajarin dari jaman SMA dulu. Jangan di jalur yang dilewatin orang, kasian kan kalo orang lain kena ranjau kita, terus gali dulu, abis itu dikubur lagi, dan tissue basah jangan dibuang sembarangan.

Saya sangat menghindari boker di gunung sebenernya, Kalo sehari dua hari saya masih tahan. Nah, kalo udah lebih dari 3 hari, ini yang susah. Nggak mungkin kan, makanan masuk terus, tapi nggak ada yang dikeluarin. Daripada sakit perut dan naik gunungnya jadi nggak enak, mendingan dibuang deh di tempat yang aman. Haha.

Pengalaman boker saya di gunung yang paling menyenangkan itu di semeru, di deket sumber mani tepatnya. Kenapa? Karena pasir. Saya ngerti sekarang, kenapa kucing suka buang air di pasir. Haha. Galinya gampang, nguburnya juga gampang.

Pengalaman boker paling romantis itu di plawangan sembalun, rinjani. Waktu itu jam 12 malem, dari sore sebenernya udah berasa. Tapi saya tahan-tahan, sampe akhirnya ketiduran. Oh ya, kalo di plawangan sembalun, ada banyak lobang-lobang gitu, biasanya para porter udah bikinin buat bule-bule.

Saat sepi dan udah nggak ada suara orang, barulah saya keluar dari tenda, cari lobang. Daaan, lubang ditemukan. Saya boker dengan tenang, dan pas saya liat ke langit, WOW, bintangnya banyak banget. Jadilah saya boker sambil nikmatin bintang yang banyak dan rasanya super deket itu. Kapan lagi kan, boker di bawah jutaan bintang, di ketinggian di atas 3000 MDPL. Hahaha.

Pengalaman boker yang paling nggak enak itu pas saya pertama naik gunung. Di surya kencana, gunung gede. Perut saya lagi nggak oke banget, dan you know lah, my sh*t is full of water. Wkakakak, maap agak menjijikan. Tahulah ya, yang namanya pengalaman pertama, ragu-ragu, takut ada yang lewat atau ngeliat, akhirnya kata temen saya, yaudah tutup pake ponco aja. Ujung-ujungnya, ponconya malah kena. Hahaha. Pelajarannya, jangan pernah pake ponco kalo mau boker.

Ada satu lagi, pengalaman boker orang lain tapi nggak berujung bagus buat saya. Ini di kalimati Semeru.

"Ran, sini. Mau minum apa?" Oh, dem, itu dia yang saya perhatiin dari awal pendakian, sekarang ngajak bikin minuman.
"Mau susu cokelat aja, ****," kata saya sok cool.
"Yaudah, tunggu airnya mateng ya. Sini, duduk di sini dulu aja," dia kasih tempat di sebelahnya.

Baru aja saya duduk, tiba-tiba, ade saya manggil.
"Kak, sini deh!" dia manggil dari tenda di seberang tempat saya duduk.
Aduh, apaan si ini anak, kata saya dalem hati. Tapi akhirnya saya nyamperin dia juga.
"Apaan?" Kata saya ke dia.
"Temenin aku boker yuk!" Dia bilang dengan nada tanpa dosa. Iya si,boker emang nggak dosa. Tapi minta nemeninnya di saat yang nggak tepat.
"Ebuset. Yaudah ayo!"

Kita cari tempat agak ke belakang, jauh dari tenda, di perjalanan, saya protes ke dia, "aduh, kamu itu ngerusak momen banget si. baru aja mulai."
"yaaah, maap. aku udah nggak tahan ni. aku juga nggak berani boker sendirian. udah, tenang aja, abis ini kan kamu bisa balik lagi."

akhirnya bokernya dia selesai dan kita balik ke tempat camping tadi.

ngoookkkkkk! pas saya balik, tempat di sebelah dia udah ada orang lain. ade saya yang ngeliat tempat itu udah keisi, dia cuma cekikikan ngetawain saya. sembrini! haha.

"eh Ran, dari mana aja? ini nih, susunya udah jadi."
"eh iya, makasih ya." saya ambil susunya. gagal nikmatin susu ini sambil ngobrol-ngobrol lucu. hahaha.

selamat mencoba boker di gunung!
jangan sampai merusak momen orang lain ya..
hahaha.

Comments

  1. Tai kok dibuang buang, mencemari lingkungan, mending jadiin duit, jual ke saya, saya beli, serius

    ReplyDelete

Post a Comment