Skip to main content

camping sawarna!


gerbang desa sawarna
i really want to go to the bitch beach. di saat pusing persiapan ujian, ini yang terlintas di pikiran saya. tapi pantai mana ya yang deket dan bagus. searching-searching, dan akhirnya diputuskan untuk main-main ke sawarna 8 Des 2013 kemaren.

ngehubungin temen-temen yang biasa jalan, ternyata pada nggak bisa, ujung-ujungnya berangkat sama temen jalan ke rinjani pas lebaran kemaren. kita pilih camping di sawarna. yeay, pertama kalinya camping di pantai.

berikut rinciannya:
berangkat:
term baranang siang - term pelabuhan ratu : 30,000 (4 jam) MGI AC
term pelabuhan ratu - desa sawarna           : 30,000 (2 jam) ELF jurusan bayah

*nunggu elf jalan agak lama, sekitar 1 jam, nunggu penuh. dan ini lagi beruntung, bapaknya mau anter ke desa sawarnanya. katanya, ada yang langsung sampe desa sawarna, tapi cuma jam 12 siang berangkat dari term pelabuhan ratu.

pulang:
sawarna - pertigaan                                   : 40,000 (20 - 30 menit) OJEK
pertigaan - term pelabuhan ratu                  : 30,000 (1 jam) ELF
term pelabuhan ratu - term baranang siang  : 30,000 (4 jam) MGI AC

*kenapa naik ojek? karena nggak ada elf untuk langsung ke term pelabuhan ratu. ada si, tapi cuma satu kali jalan dan jam 7 pagi. kenapa 40rb? karena jauh dan jalannya naik turun.


Selanjutnya, ulasan cerita selama di sana. Check it out!

Kita berangkat dari term baranang siang jam 9 pagi, sampe di sawarnanya jam setengah 4an. Ternyata oh ternyata, persis di depan pintu masuk desa wisata sawarnanya, ada indo*maret yang baru buka.
ini jembatan gantungnya
Kirain tuh jembatan gantungnya panjang dan gede, ternyata nggak terlalu.

Jalan ke dalem, banyak homestay gitu, mirip di pulau tidung. jalan terus ke dalem, dan sampailah kita di pinggir pantai. Di pinggir pantainya udah banyak warung, dan tiap warung biasanya ada saung-saung gitu, permalem katanya sekitar 50-100rb.

Berhubung kita mau camping, jadi kita pilih spot yang nggak terlalu rame di pantai pasir putih. Dan inilah pilihan tempat kita.

such a nice camping spot
Dari pantai pasir putih ini, dapet sunset loh, dan pas kita dateng, nggak terlalu rame. Jadi enaaaak. Ngobrol, sambil dengerin lagu iwan fals, dan nungguin sunset, one of peaceful and unforgetable moment.

senja jingga
Tau bedanya camping di pantai dan gunung? Camping di pantai itu panas ternyata. Haha. Pas subuh, baru berasa dingin.

Subuh jalan-jalan di pantai, baca novel yang lo suka diiringin suara ombak sebelum pantai memanas, ooh, lo harus coba ini juga. 
Bener-bener santai di pantai.

pas jalan-jalan pagi, ketemu kepiting cute ini

Jam 8 pagi kita jalan-jalan ke tanjung layar, pantai yang jadi icon sawarna. Jalan kaki dari pantai pasir putihnya sekitar 15 menit. Wow, ternyata bagus loh. Banyak karang dan batu-batu gede, berasa lagi di tanah lot.

icon sawarna, pantai tanjung layar

Ada insiden kecil di sini.
"le, fotoin gw dong."
"sini."
byurrr.
eaaaa, kamera gw nyebur dan gak bisa hidup sampe sekarang. haha. gw udah ngelepas kameranya sebelum diterima dengan benar sama doi.

cemburu pada sang ombak yang selalu bergerak
cemcuru pada samudera yang menampung segala

untuk liat pemandangan bagusnya, lo harus nyeberang ke sebelah, dan tinggi airnya tuh di atas lutut dikit. yang dateng rata-rata pasangan, jadi ini cewe-cewe pada gandengan ama pacarnya. gw nyeberang sendiri, temen gw udah sampe di seberang duluan.

kita harus nyeberangin ini dulu
samar-samar, gw liat dan denger dialog mereka pas nyeberang bareng-bareng.
ce: yaaaaangggg, jangan lewat sini. *gandeng tangan cowonya*
co: *senyum-senyum doang*
ce: ayaaaaang, aaah, basaaah.

mau kering ke gurun mbak, jangan ke pantai. hahaha.

setelah puas liat-liat di sana, kita balik ke tenda buat makan siang dan siap-siap pulang. 

thankyou sawarna. see you next time.

p.s: kalo googling, katanya masih ada pantai lain. lagon pari sama beberapa goa. mungkin kalo ada yang berminat, bisa sekalian ke sana.

spot sawarna yang belum ada warungnya
see you next trip!

Comments