Skip to main content

anjing babi bego

Lebaran kemaren, gw sekeluarga main ke tempat sodara-sodara yang muslim. Salah satunya, kita ke tempat mamang (dalam bahasa sunda, yang artinya om) yang udah punya dua anak, perempuan semua. Anak keduanya baru mau satu tahun, nurut dan manis banget.

Anaknya yang kedua, bener-bener bertolak belakang. Lari sana-sini, airnya tamu diminumin, minta digendong gw, terus uget-uget di gendongan, bola adenya diambil terus dikempesin, nangis minta dikeluarin sepedanya, dan pas kita mau pulang, dia lagi jongkok, pipis di halaman. Tapi dari semua kenakalannya, keliatan si, dia pinter. Ya namanya juga anak-anak.

Pas pulang, di mobil, gw bilang, “Itu kakak ade bisa beda banget ya.” 
Terus nyokap dengan santainya bilang, “dulu kamu lebih nakal dari itu.” Jleb.

Dari lima anak, kata nyokap, gw yang kecilnya paling nakal. Gw inget-inget lupa si.
“Iya, dulu tuh, pas ibu selesai masak, keluar rumah, eh nemuin kamu sama Melisa lagi di jalan depan rumah, ngerayap, lagi makanin tanah berdua-dua.”

Terus gw mikir, pantesan sekarang gw apa aja doyan, tanah aja dimakan.

“Iya Ran, waktu kecil kamu tuh galak banget. Aku aja takut sama kamu. Dikit-dikit mukul. Ngejar-ngejar aku, sampe aku ngumpet di bawah meja makan,” kakak gw yang kedua curhat sambil setengah ngomel. 

Kakak gw yang kedua itu lahirnya prematur, dulu badannya kecil, lemah banget lah pokoknya, jadi bisa gw bully.

Terus kakak gw yang paling tua nambahin,“Emang, kamu gak inget apa, kamu sampe aku kasih centong nasi di mulut, gara-gara nangis terus.”

“Aaah, kalo itu aku inget. Dasar jahat!” Gw jawab sekenanya.

Nah, kalo kakak gw yang pertama ini emang super galak, terutama kalo nyokap gak ada di rumah. Dulu, pernah gw abis main di doseran gitu, lapangan tanah merah, pulangnya, gw dikunciin di kamar mandi.

 “Ih kamu mah, amit-amit nakalnya. Tiap orang lewat depan rumah, kamu katain, anjing, babi. Itu neneknya Bowo, eyang, eyang ngkus, kamu katain bego.” Nyokap nambahin lagi.

Waktu ade gw lahir, umur gw empat tahun, gw diungsiin ke tempat eyang gw di Cilacap. Tinggallah gw di sana beberapa bulan. Eyang gw tukang tempe, jadi tiap pagi, gw nganter tempe ke warung-warung.  Eyang ngkus, adenya eyang gw, suka ngajarin nyanyi waktu itu. Nyanyi genjer-genjer. Gw baru tau belakangan ini, kalo itu lagu PKI.

Dimana nakalnya?

Kalo gw mau pulang, atau gw ngambek sama eyang-eyang gw yang super baik itu, gw ambil semua baju gw, gw gembol, terus teriak, “dasar eyang bego! Aku mau pulang aja. Eyang semua beeeeeeego.”

Lo bayangin gak, betapa minta dipitesnya gw dulu. 

Tiap gw pulang kampung ke tempat nyokap, pasti eyang ngkus itu bilang, “Ya Ampun, Rani udah gede ya sekarang. Masih inget nggak lagu *dia nyanyi, suaranya bagus*? Masih inget suka ngatain eyang bego?”

Setelah 3 bulan di kampung, akhirnya, gw dijemput sama nyokap. Pasti eyang pada senyum bahagia dan bernafas super lega karena cucunya yang gak sopan ini akhirnya pulang juga. Tapi kenakalan gw belum berakhir. Ade gw diasuh sama mba Warsinah yang sekarang udah dipanggil Tuhan.

“Kamu juga jahat banget tuh sama almarhum warsinah, pengasuhnya mega. Kalo kamu ketemu dia, pasti berantem. Terus teriak, ngapain lo di sini. Sana pergi. Jangan makan di rumah gw.” Nyokap nambahin lagi. 

“Itu, si Rika juga takut sama kamu. Sering kalo dia lagi main di rumah, kamu semprot pake selang, sampe bajunya basah, terus dia nangis minta pulang.”

Rika lebih muda dari gw. Dulu, dia suka main ke rumah. Eh, sekarang dia udah punya anak. Sekarang, udah gak takut dia sama gw, senyumannya selalu lebar dan bilang, “Halo Kak Rani,” sambil gendong anaknya kalo ketemu di jalan.

Nyokap dulu dagang, suka pergi-pergi jadinya. Nah kalo gw abis pulang main dan nggak mendapati nyokap ada di rumah, biasanya gw nangis kejer, tapi gw gak nangis meratapi nasib aja di rumah. Gw nangis meraung-raung sambil lari sekenceng-kencengnya ke jalan raya tempat naik angkot pertama, jalan dongkal namanya, kalo jalan kaki biasa, kira-kira 15 menit dari rumah.

Gw gak pernah berhasil ngejar nyokap, gak tau juga udah berapa lama dia pergi. Atau jangan-jangan, nyokap ngumpet di semak-semak pas denger suara gw. Hahaha.

Nah, setelah sampe dongkal itu, pulangnya, gw lari lagi sambil nangis kejer juga.

Kebayang gak lo, anak teriak-teriakan nangis sambil lari. Betapa annoyingnya kan. Jadilah, gw dikenal sama tukang ojek di dongkal, tangisan gw terkenal sekampung. Gw rasa, mereka lama-lama terbiasa.  Mungkin, gini dialognya:
Tetangga A: Eh, itu anak siapa yang nangis?
Tetangga B: Itu, anaknya Pak Bangun. Udah biasa dia mah. Hobi kayanya.
Kemudian dua tetangga itu masuk ke rumah masing-masing. Haha.

Setelah sampe rumah, nangis sebentar, kemudian gw tidur dengan nyenyak dan pas bangun, udah ada nyokap bawa makanan. Ya iyalah, nangis itu cape bro, belum lagi ditambah lari. Nah, buat lo yang lagi galau, bisa dicoba ni, nangis sambil lari, terus tidur yang puas, bangun kan seger tuh. Hahahaa.

Semua kakak ade gw gak ada yang nakal begitu. Di rumah juga gak pernah ada yang nyontohin ngomong kasar. Gak tau, gw belajar dari mana. Udah dikasih tau pelan-pelan, diomelin, sampe dicabein nyokap tapi gak mempan juga.

Akhirnya, sampailah pada suatu momen.
Gw lagi main di kebon depan rumah sama anak-anak tetangga. Gw udah dipanggil berkali-kali sama nyokap tapi gak pulang-pulang juga. 
“Rani, Pulang!” Nadanya pelan, tapi gw tau, yang ini gak bisa dibantah. Akhirnya gw pulang, nunduk, takut.
“Sini, duduk.” Kata nyokap lagi. 

Duduklah gw, jadi anak manis, deg-degan setengah mati.

Tiba-tiba, nyokap ngunyah sesuatu, daaaan, BUUUURRRRR!!!
Aaaaa, mata gw pedes. Terus gw nangis. 

“Janji mau nurut sama Ibu? Janji gak mau lagi ngomong anjing babi? Janji gak boleh galak lagi sama orang? Janji mau jadi anak baik?” Nyokap tanya dengan nada tegas.
“I... IIII.... Iiyyaaaa. Hiks hiks hiks.” Gw jawab sambil nangis.

Ternyata, gw disembur lada sama nyokap. Dan sejak itu, gw jadi anak baik, gak pernah lagi ngeluarin kebun binatang buat ngatain orang, gak pernah lagi ngatain orang bego ke eyang gw dan siapapun, pokonya gw berubah total. Gw jadi anak manis sampe sekarang. Hahaha.

Tahukah kamu, menurut saya, seseorang butuh titik balik, butuh seseorang, untuk membuatnya berubah.
Satui lagi, anak kecil yang nakal? Yaa, namanya juga anak-anak. Belum ngerti. Tanggung jawab orang dewasa disekitarnya deh yang perlu nuntun tuh anak berubah supaya bener.

Comments

  1. raniii hahaha sumpah ya raann
    pantesan sampe sekarang juga msih suka makanin tanah. hahahha

    ReplyDelete
  2. eiyaaaaa selamat ulang tahuuunn raniii~
    sukses yaaa.
    aduh maap ini ucapinnya disini *gamodal bgt*

    ReplyDelete
  3. wuss, ani, makasih yaa.
    sekarang mah makannya nasi ni :p

    ReplyDelete

Post a Comment