Skip to main content

itik buruk rupa

aku adalah anak ke 2 dari 5 bersaudara.
kami adalah anak anak dari 2 kultur yang berbeda.
ayah kami suku karo dan ibu kami jawa.
2 orang tersebut bersatu dan menghasilkan
5 orang wanita baru di bumi.
ya.. aku adalah anak ke 2 dari 5 bersaudara.
aku mendeskripsikan diriku adalah itik buruk rupa.
yang menurut dongeng itik buruk rupa itu akan menjadi angsa cantik.
tapi berbeda dengan diriku.
aku itik buruk rupa yang mungkin tidak akan berubah
menjadi angsa cantik, tapi mungkin aku juga akan berubah.
berubah menjadi entok.
aku berbeda dengan ke 3 saudaraku. kok 3?
bukankah anaknya 5, harusnya kan 4.
karena anak ke5 itu masih terlalu kecil untuk menjadi pebanding.

aku anak ke 2 dari 5 bersaudara.
aku merasa aku yang paling berbeda dari ke 3 saudaraku itu.
dari segi fisik amat sangat berbeda. merek kurus, aku gendut sendirian.
Mari kita bandingkan satu persatu.

1. yang menjadi kakakku dan dia anak no 1.
imut imut, kecil kurus. wanita sekali.
lemah lembut, pendiam. like an angel...
aku iri kepadanya karena dia teramat sangat baik.
tidak hanya kepada keluarga tapi kepada orang lain juga seperti itu.
dari dia aku belajar banyak hal. tentang ketulusan dan pengorbanan.
mengajarkanku bahwa kita adalah keluarga.

2. yang menjadi adikku dan dia anak no 3.
tinggi, kurus, sedikit berjerawat dan sedikit macho.
hobinya aja naik gunung.
aku iri juga dengan dia. karena dia yang paling pintar di antara kami berempat.
dia yang paling beruntung hidupnya.
tapi keberumtungan itu tidak dia dapatkan secara cuma cuma.
banyak pelajaran yang bisa ku ambil dari dirinya.
yaitu tentang ketekunan, kedisiplinan dan keberanian.
dan dia juga mengajarkan bahwa kita adalah keluarga.

3. ini juga adikku dan dia anak no4.
tinggi, kurus, modis dan manis.
aku juga iri terhadapnya terlebih pada parasnya.
walaupun dia tidak secemerlang kakaknya di bidang eksak.
tapi dia jago di bidang hapalan dan mix and match pakaian.
ya... dia paling cantik diantara kami semua.
temannya banyak, pergaulannya sedikit lebih luas.
tapi masih seputar remaja.
belajar dari dia tentang percaya diri.
dan memberi arti bahwa kita adalah keluarga.

4. ini adikku dan dia anak no.5
masih belum jelas.. jadi tidak usah di ceritakan.

5. dan yang terakhir adalah aku. anak no 2.
aku berbeda dari mereka semua. aky kebalikan dari mereka.
aku tidak cantik seperti anak no4.
aku tidak pintar seperti anak no. 3
aku tidak baik seperti anak no. 1
aku adalah orang yang paling beruntung karena aku hidup bersama mereka.
Aku adalah bagian dari keluarga itu.
yang bisa kubanggakan adalah aku seorang pengkhayal.
aku seorang pemimpi.. yang mimpinya terkabul
jika aku sudah lupa dengan mimpi itu.
tidak ada yang bisa di banggakan dari aku untuk mereka.
tapi kami adalah keluarga yang saling berpegangan san menopang.

aku adalah itik buruk rupa yang suka bermimpi.
bermimpi menjadi seekor angsa atau akan menjadi entok. 

bukan, dia bukan itik buruk rupa. dia sedang bermetamorfosis, dari itik menjadi elang.
dia yang paling tegas, agak keras kepala, dan paling mirip Ibu sifatnya.

Comments