Skip to main content

Teman Kecil


Teman-teman kecil yang tak lagi kecil
 Minggu, 22 Sept 2013.
"Halo, gw david, temen SD dulu. Kalo ada yang masih kenal gw, add gw ya."

Post ini gw baca di grup SD facebook minggu pagi. Tiba-tiba, tring! Astaga, ini David yang dulu bandel banget itu.

"Rani! Rani!"
5 menit kemudian, ada yang manggilin gw, aih, ternyata itu David sama Ardi udah di depan rumah. Gileee, terakhir gw liat dia itu 10 tahun yang lalu. Akhirnya, Aina dateng juga ke rumah, dan tercetuslah ide buat ngadain Reuni SD.

Doi emang terkenal jadi pentolan SD gw. Hobinya berantem, pernah ditusuk pulpen ampe berdarah, gak banyak yang mau temenan sama dia. Tapi pas dia dateng minggu lalu, dia bilang udah berubah. Haha.

Senin, 23 Sept 2013
Ada telepon masuk pas jam kantor, nomor gak dikenal.
R: Halo.
A. Halo. Ini Rani?
R: Iya, ini siapa ya?
A: Ini gw Hanafi. Temen SD. Ini gw lagi kumpul, ada david, agus, komeng, ijal.
R: Oooh, ya ampun. Eh, gw lagi kerja ni. Ntar gw telepon ya.
A: Oke!



Akhirnya, balik kerja, langsung telepon, ngomong sama mereka satu persatu. Gilaaa, dulu suara mereka masih cempreng-cempreng, sekarang udah pada berat semua. Dulu masih pada pendek-pendek. Sekarang gimana ya.

Akhirnya, ditetapkanlah reuni SD hari Sabtu, 28 Sept di Pal jam 7 malem.

Sabtu, 28 Sept 2013
Hmm, di rumah gw ada acara sampe jam setengah 8 malem, gak mungkin gw tinggalin, akhirnya, beres acara, gw langsung ke pal naik ojek biar cepet sampe. Soooo excited at that time sampe lampu merah 180 detik itu rasanya lamaaaa banget. Haha.

Gw masuk dan ternyata udah rame, salaman sama semuanya, senyum-senyum cengengesan. Cuma beberapa si yang bener-bener gak ketemu lagi dalam 10 tahun terakhir, sisanya pernah ketemu sesekali di jalan. Tapi ya terakhir ngumpul lagi sebanyak ini tuh bener-bener 10 tahun yang lalu.

Terakhir, ngeliat mereka pada pake baju putih merah, masih pada kecil-kecil, cempreng, main benteng, sekarang udah pada gede. Ada yang istrinya udah hamil, ada yang mau nikah tahun depan, aah, waktu begitu cepat berlalu.

Bener-bener nostalgia jaman SD.

Oh yaa, SD gw itu dulu, bukan SD yang bagus. Anaknya juga ya anak-anak kampung yang sederhana. Yang sekolahnya kalo hujan rembes, kursi harus digeser-geser supaya gak kena bocor.
Yang gabung sama SD lain, kalo mau pake lapangannya, harus kata-kataan dulu.
Yang kelasnya pernah digabung, kelas A sama kelas B karena kurang guru. Karena digabung ini, sebangku panjang itu bertiga padahal harusnya berdua.

Kita nyeritain lagi masa-masa yang gak terlupakan sampe sekarang, kisah abadi yang semua orang inget. Haha.

Tentang satu anak yang tangannya patah setelah jatoh dari pohon. Jatoh dari pohon sih biasa ya, yang gak biasa itu, dia gelantungan, sambil nyanyi lagu bujangan. "Bujangan, Bujangan.." Dar! setelah dia melafalkan bujangan yang kedua itu, dia jatoh.

Tentang pengalaman cinta monyet antara A dan B, C dan D, E dan F. Yang ternyata, sebenernya, A suka sama C, D menaruh hati pada F, dan C mengagumi E.
Uniknya, setelah lama terpisah, diantara anak-anak ini, ada yang ketemu gede terus jadian. Ada yang dua tahun, ada yang dua bulan, bahkan ada yang dua minggu.
ini salah satu yang ketemu gede, kemudian bertahan jadian (2 bulan). Haha.

Pernah kita ke kota wisata naik sepeda, terus foto-foto di patung-patungnya itu. Abis itu, ke time zone plaza cibubur, duitnya pake duit buat bayaran les.

Kita ketemu hari ini, dan ngetawain "kebodohan" itu. Haha.

Pas jaman SD dulu, kita suka ngatain nama bapak biasanya. Nah, tadi, ternyata kita masih inget nama bapak temen-temen yang dulu sering dicengin.

Korban ledekan pas SD jadi korban ledekan hari ini juga. Bibir, tempe, dll.

Yang dulu paling tinggi, sekarang malah gak paling tinggi. Yang dulu dekil banget, sekarang udah bersihan.
letoy, aina, "bibir" yang agak bersihan, agung (yang dulu paling jangkung)
Kita juga ngetawain tentang jaman pulang SD main hujan-hujanan, ngobak di tempat yang kalo dipikir-pikir sekarang, itu nggak banget.

Kebiasaan ke kamar mandi rame-rame, mister gepeng, main benteng sampe ke kebon belakang sekolah sambil bawa-bawa pohon singkong di atas kepala, cerita tentang guru-guru yang unik, beli ikan cupang yang senengnya setengah mati kalo itu ikannya bisa ngedok, jus gope'an yang enak banget di warung jebol, naro biang es di mulut biar keluar asep, naro biang es di kertas pipa supaya jadi mirip popeye, main yoyo yang ada petasannya, rambut gaya tsubasa, dll.

tempat pertama tutup, kita lanjutin obrolan di sini
Aaaah, betapa beruntungnya kami anak-anak jaman 90'an yang masih punya banyak mainan.

Mereka adalah teman kecil yang gak lagi kecil. Semua udah punya concern-nya masing-masing. Ada calon dokter gigi yang hobi naik gunung, ada calon ahli sejarah yang hobi aksi, ada yang tetap tampan dan royal dari dulu sampe sekarang, yaah, macem-macem lah pokonya.

Tapi ada yang gak berubah, sifat asli kita jaman SD dulu masih tetep ada dan tetep keliatan sekarang. Yaa, masih sesederhana dulu dan kami masih bagian dari anak-anak kampung itu.

Semacam pertemuan yang bikin lo bersyukur punya masa kecil yang begitu menyenangkan. Sampai bertemu di lain waktu.

p.s: david yang cetusin acara ini, dia yang keliling, ternyata gak bisa ikut karena mendadak harus melaut hari ini.


Comments