Skip to main content

5 - 7 tahun

22. itu umur saya sekarang.

kali ini saya mau nostalgia ke masa ketika umur saya 5 - 7 tahun. bayangin, saya tinggal di perkampungan perbatasan depok, bogor, dan jakarta timur yang masih banyak kebon dan lahan kosong.

1. nggak lulus TK.
nggak ada TK yang deket rumah. akhirnya, saya dimasukin ke TK yang lumayan jauh dari rumah. awalnya, masih ada yang nganter, tapi lama-lama, harus jalan sendiri. pernah dikejar anjing, dikejar soang, dan harus lewatin banyak kebon kosong, itu bukan hal mudah untuk anak TK. akhirnya, saya nggak pernah ngerasain gimana rasanya wisuda TK.

2. nembak anak Pak Ustadz
ini kejadiannya pas SD kelas 1 atau 2 mungkin. saya punya tetangga Pak Ustadz. bapak ini punya 3 anak laki-laki yang putih bersih. anaknya yang kedua lebih muda satu tahun dari saya. dulu, lagi jaman pistol peluru bentol. saya lupa kenapa, tapi saya nggak suka sama anak yang keduanya ini.

waktu itu, kita lagi main di gang. ada tetangga sebelah rumah saya yang bawa pistol itu. kebetulan, anak Pak Ustadz ini lewat. saya langsung pinjem pistolnya, dan saya tembak dia di lehernya.
dia nangis, mungkin karena kaget dan sakit. liat dia nangis, saya juga nangis, mungkin karena saya takut diomelin orang tuanya. haha.

akhirnya, kita berdua pulang ke rumah dengan keadaan nangis. sampe rumah, saya diomelin ibu saya, dia bilang, "kalau kamu dinakalin, kamu boleh ngelawan, meskipun kamu perempuan, harus berani. tapi, jangan pernah kamu yang nakal atau pukul duluan."

3. camping di kebon singkong
dulu, masih banyak kebon singkong di sekitar rumah. habis maghrib, biasanya anak-anak keluar rumah untuk main. salah satu favorit saya adalah main di kebon singkong. setiap anak wajib bawa sarung dari rumah masing-masing. abis itu, kita matah-matahin pohon singkong, terus, gimana caranya disambung-sambung, sampe akhirnya, jadi tenda dari pohon singkong sama sarung.

nggak pernah beneran tidur di sana sih, karena jam 9 biasanya kita udah dipanggil pulang.

4. main kera sakti
seinget saya, waktu kecil, temen-temen saya kebanyakan anak cowo. dulu, di deket rumah, ada yang namanya "gusuran". tempat ini tuh sebenernya lagi proses dibangun perumahan. jadi masih lapangan merah luas dan ada perumahan yang baru jadi, namanya "arcadia".

ketika itu juga, kera sakti lagi booming. jadi, kita seolah-olah jadi tim kera sakti itu. ada yang jadi biksu tong, kera sakti, patkai, dan wuching. kita juga melakukan perjalanan, tapi bukan mencari kitab suci. kita melakukan perjalanan ke daerah gusuran dan perumahan arcadia itu. "arcadia" ini kesannya mewah untuk anak kampung macem saya dan temen-temen saya. apa yang kita lakukan? kita ngambil apa yang kita kira berharga dari tempat sampah perumahan itu. hahaha. saya inget, saya dapet apel yang masih bagus.

pas pulang main kera sakti ini, baju saya kotor semua kena tanah merah.

orang tua biasanya ngelarang anaknya main ke gusuran, karena tempat ini sepi dan lumayan jauh. tapi anak-anak selalu punya caranya sendiri untuk bisa bersenang-senang. haha.

5. main petak umpet, petak jongkok, galaksin, tepok nyamuk, BT 7, benteng, dll
saya nggak tau, apa anak sekarang masih main ini atau nggak. tapi permainan ini bener-bener menguras tenaga tapi menyenangkan.

saya paling sebel kalo jadi anak bawang doang. yaa, biasanya, anak bawang ini yang masih terlalu kecil untuk main, belum bisa main atau jaga, tapi ada kakaknya disitu. kakaknya harus ngajak ni ade karena kalo nggak diajak, dia nggak boleh main. haha.

6. mainin vespanya Pak RT
jadi, lahan bermain saya dan anak-anak sekitar rumah saya itu adalah lapangan badminton yang ada di sebelah rumah Pak RT dan kebon melinjo depan rumah Pak RT juga. bahkan, kadang, teras rumahnya juga jadi tempat main kita.

Pak RT ini punya vespa biru  yang suka diparkir di teras rumahnya. vespa ternyata udah menarik perhatian saya dari kecil. begitu liat ada vespanya dan di standar dua, saya langsung naikin dan saya mainin seolah-olah saya lagi berkendara.

entahlah, karena saya yang terlalu bersemangat mainnya atau emang joknya yang udah rapuh, pegas joknya rusak. saya panik dan ketika tahu rusak, saya langsung pulang ke rumah. kalo dipikir, begitu pengecutnya saya ketika itu. sejak saat itu, saya nggak berani mainin vespa nya pak RT.

17 tahun berlalu, lapangan badminton, vespa, dan kebon melinjo itu udah nggak ada. Tapi beliau masih tetap jadi ketua RT sampe sekarang.

waktu kecil, disuruh tidur siang adalah musibah. sekarang, tidur siang itu anugerah.





Comments