Skip to main content

because it's there

Saya jadi inget, saya pernah ditanya, kenapa suka naik gunung. Saya diem. Nggak ada alesan. Ya karena saya suka aja.

Akhirnya saya jawab, "ya karena gunung itu ada."

Hmm, sebenernya jawaban itu terinspirasi dari Mallory ketika dia ditanya, kenapa mau mencapai puncak Everest. Dia jawab, "because it's there!"

Dan kemudian, saya mikir, kenapa saya suka dia. Saya diem. Ya karena suka aja.

Tapi akhirnya saya tahu jawabannya, "ya karena dia hidup."

Saya percaya, kalo yakin itu dateng gitu aja. Beda kalo suka yang kagum-kagum doang sama suka beneran. Kalo suka beneran, kita yakin kalo kita bisa ngabisin waktu sampe puluhan tahun sama dia, dan untuk dapet keyakinan itu, nggak perlu waktu lama.

Terus temen saya tanya, "nah, kalo lo yakin, tapi dianya gak yakin?"

saya spontan jawab, "yaelah, yaudah, mungkin gak di kehidupan yang sekarang. mungkin di kehidupan yang akan datang."


Comments