Skip to main content

ini untuk tiga sahabat kecil saya

Ini untuk tiga sahabat kecil saya.

Untuk Ani, Fiesta, dan Indah.

Lupakan urutan di atas. Saya mengasihi kalian tanpa urutan, rasanya. 
Tiga nama yang begitu saya kenal sejak umur 12 tahun.

Bertemu kalian saat masih berseragam putih biru.
Oooh, itu 10 tahun yang lalu.
Saat kita masih begitu lugu.

Belajar bersama.
Bermain bersama.
Tertawa bersama.
Bolos bersama.
Bahkan sempat menyukai pria yang sama,
dalam waktu yang hampir bersamaan.

Kita pasti masih ingat,
Tentang drama-drama kita yang tidak pernah berhasil,
Tentang dua di antara kita yang dilempar penghapus oleh guru matematika,
Tentang menonton di bioskop murah seharga 6 ribu perak,
Tentang ulang tahun kita yang seharga 15 ribu,
Tentang les gitar untuk membawakan lagu cicak di dinding,

Dan kemudian kita beranjak menjadi 17 tahun..
Surprise pagi buta yang gagal,
Surprise video pengamen,
Surprise tengah malam, dan
Surprise pria idaman yang tidak pernah kesampaian,

Kita menjadi putih abu-abu..
Bagaimana bisa kita berempat jadian dan putus di tanggal yang hampir bersamaan?
Bagaimana bisa cuma saya satu-satunya yang tidak sakit setelah pulang dari kebun raya bogor?
Sesungguhnya, saya merasa bersalah untuk ini.

Ahhh, kuliah!
Empat jurusan yang berbeda di dua universitas yang berbeda.
Ini saat dimana kita begitu jauh rasanya.
Saat dimana kita memiliki dunia masing-masing.
Saat dimana kita memiliki lingkaran-lingkaran yang tak lagi beririsan.

Pada akhirnya, kita kembali pulang.
Ke tempat dimana kita bertumbuh.
Ke tempat dimana kita pertama bertemu.
Kita tahu, kita berubah, tapi tidak menjadi asing satu sama lain.
Rasa persahabatan ini masih sama ternyata.

Surprise!!!

Di malam tahun baru 2014.
"Ran, tau nggak, kenapa gw mau taun baruan sama lo? Karena mungkin, taun baruan tahun depan, gw udah nikah. Nggak bisa lagi kita kaya gini."
secepet ini Ndah ternyata?! Wow.

Di Maret 2014.
"Lamaran dia diterima sama Bapak aku. Kita bakal nikah April dan aku bakal tinggal di Turki!"
ah Ni, dugaanku dari dulu bener. Kamu yang paling muda, kamu yang nikah pertama.

2014 jadi tahun yang penting untuk kalian bertiga.
Satu diantara kita akan jadi dokter gigi. Dua diantara kita akan menikah dan salah satunya akan diboyong keluar negeri, entah berapa tahun sekali kita bisa bekumpul lengkap.

Entah nasib akan membawa kita kemana.
Entah angin perubahan apa yang akan bertiup.
Semoga kita selalu punya jalan pulang, ke lingkaran kecil ini, yang kita sebut persahabatan.

Comments