Skip to main content

cipika cipiki


tau cipika cipiki? ya, cium pipi kanan, cium pipi kiri, atau lebih tepatnya, yang gw maksud adalah nempelin pipi kanan ama pipi kiri lawan bicara dan sebaliknya.
gak tau persis gimana sejarah cipika cipiki itu. coba search di google, yang muncul cheek kissing atau kiss hello, definisi wikipedia begini:

"Cheek kissing is a ritual or social kissing gesture to indicate friendship, perform a greeting, to confer congratulations, to comfort someone, to show respect, or to indicate sexual or romantic interest."

kalo di indonesia, yang biasa cipika cipiki itu ibu-ibu, mba-mba, ya intinya cewe-cewe lah. jarang cowo yang cipika cipiki, tapi beberapa kali, gw liat di tv, bapak-bapak pejabat itu cipika cipiki juga. agak aneh si ngeliatnya. mungkin karena gak biasa.

pernah gw dateng ke wisudaan temen gw, katanya, cipika cipikinya jangan sampe kena, takut make up nya luntur. hahaha. 

kalo boleh pilih, lo pilih mana? salaman aja, salaman plus cipika cipiki, atau pelukan? asumsikan konteksnya adalah sesama jenis. 

kalo gw boleh pilih, yang bakal terakhir gw pilih adalah salaman plus cipika cipiki. selama itu orang gak ngasih pipinya duluan, gw menghindari untuk cipika cipiki. cipika cipiki menurut gw itu nanggung. perbatasan antara salaman sama pelukan. mendingan salaman doang, atau pelukan sekalian.

selain nanggung, entahlah, menurut gw, lebih ke arah basa-basi. salaman basa-basi? nggak, kalo lo beneran ngeliat matanya, memberikan jabatan mantap, dan senyuman hangat. nah, supaya tau cipika cipiki gak basi gimana? lo gak bisa liat matanya, lo gak bisa liat ekspresinya, wong kepala aja menghadap ke arah yang beda, apalagi kalo yang cipika cipikinya gak nempel pipi ama pipi.

beda sama pelukan. meskipun kepala menghadap ke arah yang beda, lo bisa ngerasain rangkulan tangannya mantap atau gak di pundak lo. 

berdasarkan pengalaman, lo gak mungkin meluk semua temen-temen lo kan? lo hanya akan memeluk mereka yang sudah sangat akrab sama lo. kapan biasanya terjadi pelukan? 

pertama, ketika udah lama gak ketemu. kedua, ketika mengucapkan selamat. ketiga, ketika lagi sedih. gw percaya sama kekuatan pelukan. salah satu pain killer menurut gw. cipika-cipiki pain killer? gw rasa gak. haha. 

percaya deh, ketika lo udah gak bisa ngomong apa-apa, dan seseorang kasih lo pelukan hangat, dan lo bisa nangis sepuas-puasnya di bahunya meskipun tanpa suara dan tanpa dia ngomong apa-apa, itu udah sangat membantu. gak percaya? mungkin lo harus coba sendiri.

jadi, salaman, cipikacipiki, atau pelukan?

Comments