Skip to main content

sukamantri

sukamantri 2011


"nggak ada tempat yang sama meskipun udah dikunjungin berkali-kali."

ini quote dari temen gw yang hobi jalan. setuju banget. seberapapun sering lo ke tempat itu, momennya gak akan pernah persis sama. ini berlaku juga untuk sukamantri.

tau sukamantri? bumi perkemahan di kaki gunung salak, bogor. kalo mau kesana, bisa pake motor ke daerah ciapus. kalo mau naik angkutan umum, dari stasiun bogor, lo naik angkot ke ramayana, terus ke arah ciapus, abis itu jalan kaki sekitar 1,5 jam.


kenapa sukamantri? karena deket, tempatnya enak, dan gw gak tau banyak bumper yang lain. haha. sukamantri semacam tempat "kabur" yang paling deket dan terjangkau.

pertama kali gw ke sini, itu pas SMA kelas 2, sama ekstanba, pecinta alam jaman SMA. abis itu, nagih terus. seenggaknya, setahun, bisa sekali atau dua kali gw ke sini. karena tempat ini salah satu tempat favorit gw, hampir setiap temen deket pernah gw ajak ke sini.

responnya? ada yang biasa aja, ada yang gak mau ke sana lagi, ada yang ngajakin buat balik ke sana lagi. haha.

gw paling seneng kalo udah denger suara tonggeretnya sukman. malemnya, lo bisa liat pemandangan bogor dengan lampu-lampu cantiknya, paginya, lo bisa liat sunrise, kalo lo males masak, ada mak yang jualan nasi goreng. haha. sebenernya, ada air terjun, tapi lumayan jauh, dan gw udah lupa jalannya.

kalo beruntung, bisa liat view yang begini (2008)
ada cerita lucu. pas desember 2012, gw ke sukman bertiga doang, sama leo & hanna. pas kita sampe, hujan, jadi kita makan dulu di warung, ceritalah ke mak yang jaga warung di situ, gw dari depok, nama gw rani. pas mulai reda, kita bangun tenda, dan karena masih hujan, jadi kita di dalem tenda terus.

pas gw bertiga lagi ngobrol, tiba-tiba ada suara yang manggil, "Rani! Rani!" tapi suaranya lumayan jauh. Pertama, gw biarin, kedua gw sautin iseng, "Ya!" Eh, temen gw bilang, "Hush, kok disautin! Kalo dia lagi cari temennya gimana? Yakali ada yang lo kenal di sini." Gw diem, iya juga, yakali dia manggil gw. nama Rani pasaran, dan pas itu, sukman lagi lumayan rame.

akhirnya, hujan berenti, kita ke warung, dan kata maknya itu, "neng, itu ada yang kenal neng. Hamjah! Dari depok juga. kenal kan neng?" Maknya ga bisa ngomong "zet"
Dang!
"Ooooooh Mijeh." Ternyata, yang tadi beneran manggil gw. Dia itu temen SMA dan temen satu pecinta alam. Dia juga lagi di sukman sama temen-temen kuliahnya.

tapi sukman gak sedingin dulu. kalo dulu pas SMA, subuhnya tuh bener-bener dingin, makin ke sini, makin biasa aja. efek pemanasan global? mungkin.

ini foto-foto di sukamantri yang saya punya dari tahun ke tahun.

intinya, ayo ke sukamantri! haha.


senja di sukamantri, istilah "alay" dulu belum ada (2008)
subuh di sukamantri (2008)
sekarang, papannya udah tergeletak gitu aja di tanah (2009)

ekstanba di sukamantri (2011)
bawa gitar & flute, camping paling penuh musik (sep 2012)

ada peternakan sapi (atau kerbau) sebelum sampe di sukman

jalan yang harus dilewatin kira-kira kayak gini (Des 2012)

kalo mau motong, jalannya kira-kira kayak gini (Mar 2012)
pemandangan dari tenda kalo malem (Des 2012)

istilah "alay" udah ada, dan tetap pose alay

Comments

  1. semoga suatu hari nanti kita bisa pergi bersama ke tempat ini lagi ya

    ReplyDelete
  2. Nah, ini termasuk yg responnya minta ke sana lg. Haha. Tapi camping ya, gak ada cuma sejam doang.

    ReplyDelete
  3. Boleh, sabtu minggu aja gimana?

    ReplyDelete

Post a Comment