Skip to main content

Jogja..



candi prambanan

 Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama suasana Jogja

Yaaa, tepat sekali! Lagunya Kla Project yang judulnya Yogyakarta.

Mungkin saya cuma salah satu di antara begitu banyak orang yang menggemari Jogja. Dulu sempet punya cita-cita kuliah di Jogja, tapi nyangkutnya akhirnya di depok-depok juga.

Libur kuliah semester satu, 2010, ngumpulin duit dari hasil ngajar, akhirnya bisa sampe ke Jogja sama dua sahabat SMP. Beuh, itu pas turun dari kereta di stasiun Lempuyangan, ngehirup udaranya, dan senang tak terkira, "Gila, gw udah di Jogja!" Padahal Jogja deket ya, bukan Inggris atau mana gitu yang jauh.

Pertama ke sana, ke tempat yang paling umum. Ke alun-alun. taman sari, vredeburg, prambanan, dan parang tritis. Parang Tritis, meskipun kata orang pantainya gak bagus, tapi itu untuk pertama kalinya saya liat sunset, dan sunsetnya sempurna, gak ketutup awan. 
sunset parangtritis
Saya bener-bener takjub saat itu, perubahan dari terang, ke jingga, terus gelap. Sejak saat itu saya jatuh cinta sama pemandangan matahari tenggelam dan jingganya.

Kunjungan Jogja kedua ada acara interfaith dialogue, 2011, kesana sama 4 anak PMKAJ US. Tiga dari empat rekan saya itu gak mau lagi naik kereta ekonomi. Haha. 4 hari ikut acara itu, dua harinya saya abisin jalan-jalan di jogja sendirian, mereka duluan pulang. 

pantai baron. perjalanan solo itu susah foto diri sendiri
 Kunjungan kedua itu saya jalan-jalan dari ujung ke ujung. Ke Museum Ulen Sentalu yang kata orang museum paling bagus di jogja. Museum ini di daerah kaliurang. Gak tau sekarang masih ada atau gak setelah merapi meletus. Terus ke pantai di daerah Gunung Kidul yang isinya pantai-pantai terbaik di Jogja. Oh yaa, mampir ke bukit bintang juga, ini semacem puncaknya bogor gitu deh.

Kunjungan ketiga, 2012, perjalanan sendiri yang gak direncanakan setelah UAS semester 5. Kali ini dijemput sepupu saya yang kuliah di Jogja, main ke kontrakannya, dan diajak ke daerah kaliurang, ke Goa Jepang. Hiking  dikit, pemandangannya lumayan, terus hujan dan akhirnya pulang. Sampe di kota, ternyata panas dan gak hujan sama sekali.

Abis itu, langsung dijemput temen saya. Mindahin barang ke kontrakannya, dan sore itu juga, kita langsung ke Goa Maria Sendangsono. Kita naik motor ke sana ada mungkin sekitar sejam, padahal gak macet loh. Goa Maria ini juga jadi goa maria favorit saya. Tempatnya biasa aja, mungkin lebih bagus goa Tritis, tapi damainya, suasananya, itu lebih enak di sini. Diajakin muter-muter goa, diceritain sejarahnya, dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat sekitar situ. Temen saya yang satu itu emang pencerita yang luar biasa.

Pulangnya, udah sore gitu. Pemandangannya luar biasa bagusnya. Harus kesana lagi. Kalau perlu, nginep di sana.

Malemnya, diajak nyobain kopi joss. Paginya, saya diajak ke pasar tradisionalnya. Beda emang kalo jalan-jalan sama orang pribumi asli, diajaknya ke tempat yang gak umum, tapi bagus. Besoknya, saya lanjut ke purwokerto, nemuin temen saya yang kuliah di Unsoed.

merbabu. negeri di atas awan.
Perjalanan Jogja yang keempat, awal 2013, sama anak-anak KMK, 10 orang. Dibagi jadi dua tim. Tim pertama, 5 orang, termasuk saya, kita berangkat duluan, karena mau naik Merbabu. Pendakian pertama sama anak KMK yang wow! Haha. Tim pertama turun gunung, tim kedua sampe di Jogja. Akhirnya, kita ketemu di Wisma Bethesda. Untuk yang cari penginapan murah dan bersih, tempat ini recommended. 

di tenda setelah muncak
Kalo perjalanan pertama sama kedua itu naik angkutan umum keliling jogja, yang ketiga naik motor, yang keempat naik mobil sewaan, karena banyak orangnya. Haha. Hari pertama, kita langsung ke dareah Gunung Kidul, ke Goa Maria Tritis, tempatnya cantik banget. Abis itu nginep di hotel yang tahun 2011 saya inepin. Hotelnya di dalem kompleks Pantai Baron, Hotel Bintang apa gitu, saya lupa. Tempatnya lebih bersih sekarang, dan masih murah juga. 

Sorenya, ke pantai Krakal, pantainya bersih, bagus, sayang gak dapet sunset dari sini. Malemnya, main Werewolf sampe bego. Besoknya, kita berangkat ke Goa Pindul. Wow deh tempat ini, karena jadi desa wisata gitu, dan semua yang terlibat, mulai dari Guide, sampe tukang jualan makanan, semua asli warga situ. Jadi, warganya bener-bener diberdayakan.

Goa Maria Tritis
Malemnya, kita ke alun-alun yang ada Pohon beringinnya, itu malem minggu, jadi rame banget. Terus ke taman lampion, masuk rumah hantu, dan makan lesehan di malioboro.

Minggu pagi, semua tepar. Haha. Akhirnya, dikunjungan jogja yang keempat, minggu sorenya nyoba juga misa di Gereja Jogja. Ya sama aja si misanya. Haha.

taman lampion
Senin, mulai gembel. Duit udah mulai tipis, cari makan yang murah-murah aja. Masuk prambanan, gabungin dua rombongan biar bisa masuk murah. Malemnya, kembali ke Jakarta.
Ini paket liburan yang paling lengkap, mulai dari gunung, pantai, goa, sungai, dan candi, semua dapet.

Perjalanan ke lima? Kapan-kapan.
Yang pasti, jogja itu selalu nagih. Dan selalu rindu untuk bisa ke sana. 
Kenapa? Entahlah. Untuk yang ini, nggak ada alesannya.

goa pindul
pantai krakal


Comments

Post a Comment