Skip to main content

stuck!

sumber: http://www.chelseatheatre.org.uk/stuck/

"eh, gw lagi stuck ni!"
kadang kita ngedenger kata-kata ini, biasanya diucapin dengan nada yang hampir putus asa.

lo pernah ngucapin kata ini? atau ada temen lo yang pernah bilang ini?

stuck buat gw, artinya ketika gw gak tau lagi apa yang mau gw kerjain, gak ketemu-ketemu juga titik temunya, gak dapet ide gimana supaya dapet solusinya, atau kalau pas gw skripsi kemaren, ini teorema gak kebukti-kebukti juga. haha.

intinya, stuck artinya gw kejebak di suatu kondisi yang bikin gw gak bisa bergerak buat ke tahap selanjutnya.

apa yang lo lakuin kalo lo stuck?



gw biasanya pergi dulu sebentar, cari angin, jalan-jalan. tapi jangan lupa balik yang penting.
kadang, sambil jalan kaki santai, sambil mikir. sambil mandi, sambil mikir, gimana ya kira-kira. mandi dan kamar mandi tuh lumayan sering jadi sumber inspirasi, nah masalahnya, ini agak susah buat kaum yang jarang mandi. haha. intinya, gw harus keluar dulu sebentar, ngeliat dari luar, dan dapet gambaran besarnya.

bagus kalo abis jalan-jalan, terus dapet inspirasi, atau dapet informasi dari orang lain, terus ketemu deh. gimana kalo abis dapet inspirasi atau informasi, eh pas dicoba, ternyata masih salah juga? yaa namanya juga hidup. haha.

seringnya, ketika gw stuck, gw bakal coba terus itu metode, ngulang-ngulang prosesnya, mastiin gak ada yang salah diprosesnya. tapi ternyata hasilnya masih salah atau gak sesuai sama yang diharepin. terus gimana?

kadang gw keukeuh, alias keras kepala, nyobain terus itu metode, dengan asumsi, pasti ada yang salah dimananya, yang pasti bukan di metodenya. kenapa gw begitu keukeuh?

gw mikir, udah sejauh ini, sayang kalo ditinggalin gitu aja. ah, metode lain belom tentu bisa juga. yaudahlah, coba dulu aja. intinya, gw nggak percaya bahwa ada cara lain yang bisa nyelesein masalah ini. akhirnya gw stuck. gak ada perkembangan, gak ada perubahan.

ketika deadline mepet, barulah nyerah dan ninggalin metode lama. coba metode baru, dan ternyata, sekali dua kali coba, BERHASIL!

ya, andai gw berani ninggalin metode lama gw dengan segera dan gak takut buat coba metode baru, mungkin gak akan sebanyak itu waktu yang kebuang sia-sia.

hmm, kadang, gak ada yang salah dengan proses dan metodenya, mereka cuma gak bisa bawa lo ke tujuan yang lo mau. lo gak bisa maksain itu, kecuali, tujuannya yang lo rubah.

jadi, lo mau ngerubah tujuan apa mau ngerubah metode?
terserah lo!
yang penting, lo gak stuck seumur hidup di itu masalah.

Comments

Post a Comment