Skip to main content

resepsi


Dua minggu lalu, saya buru-buru pulang dari puncak buat langsung ke Jakarta timur karena dosen pembimbing saya nikah. Kaget dan seneng banget waktu denger kabar dan undangannya. Dengan semangat 45, ngejar-ngejar kereta dengan ransel segede gaban, akhirnya 25 menit sebelum acara selesai, saya mendarat dengan kece di pelaminan, kasih ucapan selamat. Tas ransel saya titipin mbak-mbak penerima tamu di depan.

Malem ini, kejadian yang hampir sama keulang. Dari daerah UNJ, abis kumpul sama temen-temen, saya lari-lari ngejar kereta, naik ojek, dan akhirnya, sampe 30 menit sebelum acara selesai. Masih dengan ransel gede item yang sama yang juga saya titipin ke mba-mba penerima tamu di depan.

Begitu saya sampe, temen-temen kantor udah pada kumpul, dan mereka bilang, “eh Ran, macho banget!” padahal, baju saya dan mereka sama (yang perempuan, ceritanya beli baju ungu samaan buat nikahan itu).

Ini pertama dan kedua kalinya saya diundang nikah setelah kerja. Rata-rata dari mereka, bawa pacar atau suaminya, terus, tadi pas saya dateng, dikenalin gitu sama pasangan mereka. Balik tanya lah mereka, “Rani ke sini sama siapa?”

“sama tukang ojek.” Hahaha.

Mereka dandan cantik, saya, mandi sore aja belum. Ganti baju di toilet umum stasiun.

Beberapa hari sebelum hari H, mereka udah ngomongin mau pake rok apa, tas apa, mau pake bross yang itu, dan lain sebagainya. Saya, baju ungunya aja belum saya bawa pulang dari kantor.

Di jalan pulang dan di kosan, saya ngobrol sama temen saya.
A: Rani bawahannya apa untuk dateng nikahan sabtu?
R: Jins aja.
A: Gak cocok tau.
R: Ah, cocok-cocok aja.
A: Jangan. Pake aja celana item.
R: Aaaah, baiklah.
A: Rambutnya mau diapain?
R: Disisirlah. Haha.
A: Dandan gak? Bedakan?
R: MENURUT LO?!
A: Suka-suka lo deh Ran.
Dia akhirnya nyerah.

Ya, terakhir saya pake bedak dengan hati yang tulus ikhlas itu pas SD. Pake bedak tabur yang buat badan. Boro-boro punya lipstick, wong nempelin lipstick ke bibir sendiri aja belum pernah.

Di acara resepsi, hampir semua perempuan akan berlomba tampil cantik. Siapa yang peduli sama dandanan dan baju lo? Setiap orang akan sibuk dengan dandanan dan bajunya masing-masing. Kecuali, dandanan lo wah banget, menor banget, atau gak banget.  Yang kaya gitu yang akan jadi bahan omongan orang.

Yah, yang penting mah, layak dan sopan, tentu saja, layak dan sopan untuk resepsi di sini menurut persepsi gw. Haha.

Comments